CAP12, Komunitas Mural Pendukung Persebaya

mural
Anggota komunitas CAP12 berpose dengan latar belakang mural yang dibuatnya. (Foto: Rizal Cantona)

SURABAYA – Dukungan kepada Persebaya tak hanya bisa dilakukan di stadion saat pertandingan, namun bisa juga di luar. Bonek mempunyai banyak kreativitas dalam mendukung tim kesayangannya.

Salah satu bentuk dukungan kepada Persebaya dilakukan komunitas mural bernama CAP12. Komunitas ini memberi dukungan dan ungkapan perlawanan melalui mural-mural yang dibuatnya. Mereka melakukannya di sudut-sudut tembok yang ada di kota Surabaya. Hasil coretan mereka bisa juga dilihat di akun instagram mereka.

PERSEBAYA !!!!!!!!!

A post shared by CAP12 (@coretanarekpersebaya12) on

AYO REK ! REBUT KEMBALI #CAP12 #StreetartPersebaya #MuralPersebaya #persebaya #Bonek

A post shared by CAP12 (@coretanarekpersebaya12) on

Nama CAP12 merupakan singkatan dari Coretan Arek Persebaya (Bonek). Sedangkan angka 12 berarti filosofi dari istilah pemain ke-12, yaitu suporter.

Mural yang masuk kategori street art ini dibutuhkan persiapan dalam membuatnya. Salah satu anggota komunitas CAP12 yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan jika langkah pertama sebelum membuat mural adalah membuat konsep gambar.

“Kami berdiskusi dulu tentang gambar apa yang akan kita tuangkan di mural,” ujarnya bersemangat.

YAKINI KEBENARANNYA PERJUANGKAN SELAMANYA #CAP12 #StreetartPersebaya #MuralPersebaya #Persebaya #Bonek

A post shared by CAP12 (@coretanarekpersebaya12) on

Saat ditanya motivasi CAP12 menggambar mural bertema Persebaya, anggota komunitas itu menjelaskan jika komunitasnya ingin membuktikan jika bonek dan Persebaya masih ada.

BACA:  Bonek Lakukan Nadzar Jalan Kaki Monas-GBK dengan Kostum Buto Ijo

“Mural adalah bentuk perlawanan kami terhadap mafia bola,” lanjutnya.

Tak banyak kendala yang mereka alami saat pembuatan mural. Kendala yang paling sering dialami adalah masalah dana. Mereka pun rela urunan/patungan untuk membeli bahan-bahan cat untuk menggambar mural.

Awas 🙂 #CAP12 #StreetartPersebaya #MuralPersebaya #Persebaya #Bonek

A post shared by CAP12 (@coretanarekpersebaya12) on

Ada kisah menarik selama mereka melakukan selama mereka beraktivitas. Rupanya ada orang-orang yang tidak suka terhadap karya-karya mereka. Beberapa mural dirusak orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Ada beberapa karya kami yang dirusak. Mural yang ada tulisan Usir Persebaya United dari Surabaya, kata United dicoret dan diganti dengan 1927.”

Diakhir obrolan dengan emosijiwaku.com, komunitas CAP12 berpesan agar bonek tetap bersemangat melakukan perlawanan sehingga Persebaya bisa bangkit lagi. (rzl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here