Perjuangan Bonek adalah Perjuangan Pemuda Menuntut Hak-Haknya

bonek
Foto: bola.liputan6.com

Bung Karno pernah berkata “Beri aku sepuluh pemuda, maka akan ku guncangkan dunia!”. Seruan itu membuktikan jika peranan pemuda sangat penting bagi sebuah bangsa.

Kemerdekaan Indonesia juga tidak luput dari peran pemuda. Api semangat anak muda semakin membara ketika fatwa tentang Resolusi Jihad dicetuskan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), K.H Asyim Asy’ari. Pemuda menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Begitu juga orasi Bung Tomo di radio yang membakar semangat arek-arek Suroboyo melawan Inggris. Dan pada akhirnya, kemerdekaan berhasil dimiliki Indonesia.

Di era reformasi, para pemuda terlibat dalam aksi massa menuntut lengsernya Presiden Soeharto yang memimpin Indonesia lebih dari 30 tahun dan terkenal otoriter. Puncaknya ketika ribuan pemuda berhasil menduduki gedung DPR dan berujung pada mundurnya Soeharto dari jabatannya.

Aksi massa yang melibatkan ribuan pemuda juga pernah dilakukan arek-arek bonek yang menuntut Persebaya (asli) kembali ikut berkompetisi. Setidaknya, ada dua aksi massa menuntut bangkitnya Persebaya (1927).

Pertama, aksi massa mendatangi gedung DPRD Surabaya meminta agar mereka dimediasi dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini agar Persebaya (1927) mendapat pengakuan PSSI.

Kedua, ­aksi massa saat kongres PSSI berlangsung di Hotel JW Marriot. Pada hari itu juga, PSSI dibekukan Menpora.

Dalam aksi yang lain, perjuangan arek-arek Bonek membuahkan hasil dengan dikeluarkannya surat keputusan pengesahan hak kepemilikan nama dan logo Persebaya Surabaya oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

UU Kepemudaan nomor 40 tahun 2009 menegaskan tentang batasan usia pemuda Indonesia yakni 15 sampai dengan 30 tahun. Jika masih tergolong pemuda, sudah saatnya bagi kita untuk meredam sifat apatis dan hedon. Pemuda harus berani memperjuangkan hal-hal yang menurut mereka benar. Sumpah pemuda yang diperingati hari ini, semangatnya akan terus tertanam di dada bonek dalam menuntut hak-haknya.

BACA:  Bonek Marquee Player Persebaya

Selamat Hari Sumpah Pemuda buat para pemuda bonek!