Bukan Suporter Asal Joget

EJ – Sebuah Facebook Page (FP) bernama Supporters Jawa Timur membuat GERAKAN 1000 LIKE dalam statusnya. Apa yang dilakukan FP yang mempunyai jumlah likers sebanyak 27.000 tersebut untuk mengapresiasi Bonek yang tetap menolak merger antara klub pujaan Persebaya dengan klub Bhayangkara Surabaya United. Bonek lebih memilih timnya berjuang dari bawah ketimbang harus bertanding di Indonesia Soccer Championship yang digadang-gadang sebagai kompetisi kasta tertinggi tanah air. Menurut FP tersebut, apa yang dilakukan Bonek adalah sesuatu yang gila dan tidak rasional.

Sejenak mari kita baca apresiasi FP Supporters Jawa Timur kepada Bonek:

Mungkin kita bingung ulah mayoritas Bonek yang mati-matian memperjuangkan Persebaya 1927. Aneh dan sangat tidak masuk akal. Iya sangat gila memperjuangkan hal tersebut adalah tindakan gila dan tak rasional. Apa fenomena Bonek ini? Sangat sukar dicerna akal sehat, lebih memilih klub yang terjerembab dalam keterpurukan yang amat dalam ketimbang memilih iming-iming klub yang mapan kasta teratas. Ketika kecintaan yang mendarah daging menjadikan denyut nadi bukan sekedar identitas. Dari “merekalah” kita belajar arti kesetiaan yang bukan sekedar setia, keloyalan bukan sekedar loyal. Apapun kompetisinya Supporters Jawa Timur sudah saatnya saling mendukung. Tanpa rivalitas liga seperti kosong. Selamat berjuang kawan Bonek, biarpun di kasta terendah Jatim tetap bersamamu, merindumu, dan menantikan panji-panjimu sampai ke habitat Liga tertinggi.

Bonek memang dikenal sebagai suporter yang setia dengan idealisme mereka. Idealisme untuk Persebaya, klub kebanggaan yang mempunyai sejarah yang membanggakan. Bonek bukan suporter asal joget yang mudah disetir orang-orang yang punya kepentingan. Dari Bonek muda sampai Bonek kakek-kakek, semua bersatu mendukung Persebaya. Apapun halangan dan rintangan. (iwe)

Facebook Comments