Empat Kritikan untuk Manajemen dan Tim Kecil Yang Tak Becus Bekerja

RUPS PT Persebaya Indonesia.

Manajemen dan tim kecil akhirnya tak bisa menggelar pertandingan sepak bola pada ulang tahun Persebaya yang ke-89. Mau beralasan apapun, sejuta alasan pun, fakta tak bisa disanggah. Tim kecil dan manajemen gagal total menjalankan tugasnya.

Beberapa dasar kritik terhadap Manajemen dan Tim Kecil, antara lain:

1. Aneh ada Tim Kecil di bawah Perseroan Terbatas (PT)

Layaknya sebuah PT, PT Persebaya Indonesia (PT PI) pasti punya struktur organisasi perusahaan yang bertugas dan berkewajiban menyelesaikan permasalahan dalam perusahaan. Dalam hal ini adalah klub Persebaya. Tim kecil dibentuk tak lain untuk menjinakkan kekuatan Arek Bonek 1927 yang selama ini memang konsisten menginginkan Saleh Ismail Mukadar (SIM) dan Cholid Goromah (CG) hengkang dari Persebaya. Tim kecil adalah ide Ram Surahman yang ingin agar Arek Bonek 1927 tidak keras lagi dan jangan lagi ada suara SIM CG Out.

2. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PI hanya akal-akalan, omong kosong, dan menipu Bonek

RUPS mengubah komposisi kepemilikan saham dari sebelumnya SIM (50 persen), CG 3(0 persen), dan Koperasi Surya Abadi Persebaya/KSAP (20 persen) menjadi KSAP (70 persen), SIM (15 persen), dan CG (15 persen). Tak perlu diurai, saham-saham itu adalah saham kosong, bodong, dan tak punya nilai komersil. Inti dari perubahan saham untuk melepaskan tanggung jawab SIM dan CG atas tekanan Arek Bonek 1927. SIM dan CG skrg punya alasan bahwa mereka bukan pemilik saham mayoritas. Kasarane, KSAP dijadikan bemper atau pelindung bagi SIM CG jika dituntut Bonek.

3. CG masih menjadi Direktur Utama PT PI

Surabaya gudangnya orang pintar. Kota tempat berkumpulnya orang-orang profesional dalam mengelola perusahaan. Tengok saja perusahaan-perusahaan besar di Surabaya: Pakuwon, Ciputra, Jawa Pos, Pelindo III, Unilever, Sampoerna, Spindo, Maspion, dll. Hanya untuk mencari seorang Direktur Utama semestinya terlalu mudah.

BACA:  Bonek Student Class Buka Perpustakaan Keliling

4. Tim Kecil membuat badan hukum untuk Bonek

Informasi yang berkembang, Tim Kecil melegalkan badan hukum Bonek yg bernama Arek Bonek. Tak habis pikir dengan ide dan rencana ini. Apa urgensi dan pentingnya membuat badan hukum Bonek sekarang ini? Verifikasi keanggotaannya seperti apa? Aturan mainnya seperti apa karena ada ratusan komunitas Bonek? Keuangannya dari mana? Kesan yg ditangkap, pembentukan Arek Bonek ini dipaksakan sebagai pesanan. Kalo boleh disimpulkan, Arek Bonek diciptakan untuk menandingi Arek Bonek 1927. Kekuatan yang hebat, kuat, dan besar dari Arek Bonek 1927 akan dilemahkan karena konsistensinya dalam menolak kemapanan SIM dan CG.

Jayalah Persebaya!
Salam Satu Nyali!