Status Persebaya Dikembalikan Pada Kongres Oktober

3902
Surat pernyataan yang ditandatangani 9 Exco PSSI dibawa Andie Peci. Nampak Juru Bicara Kemenpora Gatot S Dewa Broto (tengah).

EJ – Perjuangan Bonek dalam Gruduk Jakarta tidak sia-sia. Setelah KLB digelar, Rabu (3/8), kepastian mengenai pengembalian status Persebaya sebagai anggota PSSI diterima Bonek. Status Persebaya akan dikembalikan pada Kongres 17 Oktober di Makassar.

Juru bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, menyampaikan langsung hal tersebut di Stadion Tugu dengan membawa surat pernyataan berkop PSSI tentang pengakuan Persebaya yang ditanda tangani 9 anggota Exco. Sementara, 3 Exco belum tanda tangan karena tidak menghadiri KLB.

Saat menemui Bonek, Gatot didapuk untuk naik ke panggung orasi untuk menyampaikan kabar gembira itu. Gatot menyatakan bahwa semua klub yang dihukum PSSI statusnya akan diputihkan.

“Tak hanya Persebaya, semua klub yang dihukum akan diputihkan, termasuk Arema Indonesia dan Persibo,” ujarnya yang disambut tepuk tangan Bonek.

Dari arena Kongres, Plt. Ketua Umum PSSI Hinca Pandjaitan seusai KLB menegaskan hal yang sama kepada para wartawan.

“Kami sudah diterima. Kami rapatkan di Komite Eksekutif supaya kami agendakan di kongres mendatang,” kata Hinca seperti dikutip dari CNN Indonesia.

“Karena ini masalah keanggotaan, maka wilayahnya kongres. Tak bisa dimasukkan hari ini karena agenda sudah ditetapkan.”

Kejelasan status Persebaya menjadi secercah harapan bagi Bonek yang lebih dari lima tahun berjuang mengembalikan Persebaya di kompetisi resmi. Puncaknya saat ribuan Bonek menggelar aksi Gruduk Jakarta, 2-3 Agustus. Kini, Bonek menunggu realisasi janji PSSI pada Kongres Oktober mendatang.(iwe)

BACA:  Rapat Exco PSSI, Persebaya Kembali Ke Divisi Utama