10 Ribu Bonek Datangi Laga Persebaya U16, Panpel Tunda Pertandingan

Bonek naik ke atap Mess Karanggayam karena tribun tidak mampu menampung jumlah Bonek yang datang. (Foto: Nono Gutbaidy/EJ)

EJ – Pertandingan babak penyisihan Grup A Liga Pelajar Piala Menpora 2016 yang akan digelar Jumat (19/8) antara Persebaya U16 melawan Espana SMP 6 Jember akhirnya ditunda. Apa penyebabnya? Rupanya, animo Bonek untuk menonton pertandingan ini sangat luar biasa.

Tribun lapangan Karanggayam yang hanya bisa menampung 3.000-an penonton tidak mampu menampung ribuan bonek yang datang. Diperkirakan, 10 Ribu Bonek hadir di lokasi pertandingan. Akibatnya, Bonek meluber sampai ke pinggir lapangan. Bonek bahkan naik ke atap mess dan tribun.

Melihat hal itu panpel pertandingan akhirnya memutuskan menunda pertandingan karena alasan keamanan.

Pemain kedua kesebelasan sejatinya sudah memasuki lapangan untuk melakukan pemanasan. Mereka bahkan sudah melakukan sesi pemotretan tim yang biasa dilakukan sebelum bertanding.

Ram Surahman, koordinator liga menyatakan kepada EJ bahwa penundaan karena faktor penonton. “Alasan penundaan karena suporter yang membludak sehingga pengawas pertandingan memutuskan pertandingan ditunda.”

Kick off babak pertama yang rencananya dimulai pukul 15.00 WIB pun urung dilakukan. Pemain kedua kesebelasan kemudian masuk ke mess. Belum diketahui kapan dan di mana laga akan dimainkan.

Bonek memadati tribun lapangan Karanggayam. (Foto: Nono Gudbaidy/EJ)
Bonek memadati tribun lapangan Karanggayam. (Foto: Nono Gutbaidy/EJ)

Meski ditunda, Bonek menerima keputusan penundaan. Tidak ada tindakan kekerasan atau perusakan terjadi meski pertandingan ditunda. Mereka tetap meneriakkan yel-yel dukungan dan menyanyi bersama. Di tribun, terlihat Bonek menyalakan flare. Atmosfer pertandingan pada sore itu seperti layaknya pertandingan profesional.

Bukan salah Bonek jika kehadiran mereka menyebabkan pertandingan ditunda. Karena pertandingan ini gratis yang tentu saja membuat minat Bonek menonton semakin tinggi. Terlebih lagi, Bonek sudah lama tidak menonton pertandingan Persebaya.

Panpel juga melakukan tindakan tepat dengan menunda pertandingan. Karena jika dilanjutkan, dikhawatirkan keamanan pemain akan terganggu. Meski patut disayangkan jika hal ini tidak diantisipasi sejak awal.

BACA:  Hari Ini Tanding, Persebaya U16 Harapkan Dukungan Bonek

“Invasi” Bonek sehingga menggagalkan pertandingan pernah terjadi sebelumnya. Saat laga reuni legenda Persebaya yang digelar di Stadion 10 Nopember Tambaksari, Sabtu, 7 Mei 2016, Bonek juga memenuhi Stadion yang berkapasitas 35 ribu penonton itu. Bedanya, laga masih berjalan satu babak. Setelah babak pertama usai, Bonek kemudian menginvasi lapangan sehingga menyebabkan pertandingan babak kedua ditiadakan.

Persebaya U16 masih akan melakoni beberapa pertandingan untuk menuntaskan babak penyisihan. Kemungkinan mereka akan lolos ke semifinal dan final yang rencananya digelar Minggu (28/8). Animo Bonek untuk kembali menyaksikan laga Persebaya U16 diperkirakan akan semakin meningkat. (iwe)