Bonek Malaysia Wadahi Perantau, BSC Satukan Bonek Pelajar

1040
Komunitas Bonek Student Class.

EJ – Dua komunitas ini mewadahi Bonek dengan tujuan berbeda. Namun dukungan yang diberikan tetap sama, yaitu mendukung klub kebanggaan Bonek, Persebaya. Bonek Malaysia (BM) dan Bonek Student Class (BSC) adalah dua komunitas Bonek di antara komunitas-komunitas lain yang mulai bermunculan. Bagaimana kiprah mereka?

Andik Vermansyah berpose bersama komunitas Bonek Malaysia di Stadion Shah Alam, Selangor.
Andik Vermansyah berpose bersama komunitas Bonek Malaysia di Stadion Shah Alam, Selangor.

Bonek Malaysia

Sebelum didirikan pada 25 Maret 2012, terjadi pro kontra di antara Bonek yang sedang merantau ke Malaysia. Saat itu perbedaan pandangan akibat dualisme yang menimpa Persebaya sangat besar. Akibatnya, pendirian komunitas BM mengalami kendala. Selain itu, perbedaan jam kerja, jadwal cuti, dan jarak juga turut menjadi kendala.

Pada akhirnya semua perbedaan itu bisa disatukan. Saat Persebaya berkunjung ke Malaysia menghadapi kesebelasan Negeri Sembilan di Stadion Paroi Seremban, komunitas BM terbentuk.

Saat ini, BM mempunyai anggota sekitar 90 Bonek yang tersebar di Malaysia. Tujuan dibentuknya BM adalah menjalin tali silaturahmi Bonek dari seluruh Indonesia yang berada di Malaysia.

Selain memberi dukungan kepada Persebaya, BM juga memberikan support kepada atlit Indonesia yang sedang bertanding di Malaysia atau di negara-negara yang berada di kawasan Asean seperti Singapura, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Mereka juga berkumpul untuk bermain futsal hingga nobar konser. Tak lupa, mereka juga melakukan silaturahmi dengan suporter Malaysia. Anggota BM memang aktif menonton pertandingan Selangor FC di mana di klub tersebut bergabung mantan pemain Persebaya, Andik Vermansah.

Aditia, anggota BM yang mengelola media sosial merasakan manfaat saat bergabung dengan komunitas ini. “Dengan bergabung dengan komunitas ini, kita bisa saling bertukar wawasan dalam hal apapun dan saling menolong jika mendapat kesusahan,” ucap pria asal Karang Empat, Surabaya, kepada EJ (1/9).

BACA:  Airbone Siap Ubah Citra Negatif Bonek
Perpustakaan keliling yang dihadirkan komunitas BSC di Car Free day Minggu (27/3). (Foto: Emosijiwaku.com)
Perpustakaan keliling yang dihadirkan komunitas BSC di Car Free day Minggu (27/3). (Foto: Emosijiwaku.com)

Bonek Student Class

Komunitas BSC diperuntukkan untuk semua kalangan pelajar di Surabaya dan di luar Surabaya yang mendukung Persebaya. Komunitas ini terbentuk pada 2014.

Tujuannya mulia yaitu untuk menghilangkan pandangan buruk masyarakat terhadap Bonek dengan perbuatan baik dan kreatifitas pelajar. Komunitas ini juga ingin menyatukan semua kalangan pelajar di Surabaya untuk menjaga silaturahmi dan menghindari tawuran antar pelajar.

Yang pasti, tujuan utama pendirian BSC adalah mendukung tim kesayangan mereka, Persebaya.

Kegiatan mereka sangat banyak. BSC pernah menggelar perpustakaan keliling yang digelar saat Car Free Day di Darmo. Mereka juga mengadakan bakti sosial ke panti asuhan dan rutin berkumpul untuk saling bertukar pikiran.

Pada 4 September nanti, BSC akan mengadakan Lomba Mewarnai Bersama Jojo. Kegiatan yang diperuntukkan untuk Bonek cilik di bawah usia 6 tahun ini akan memperebutkan piala dan bingkisan. (iwe)