Bonek Jabodetabek, Minoritas Gak Wedi Blas

1436
Pemain Persebaya U16 berpose dengan Bonek Jabodetabek dengan jersey barunya. (Foto: Bonek Jabodetabek)

EJ – Komunitas Bonek ini berada di tengah-tengah basis The Jak yang merupakan pendukung Persija. Saat hubungan The Jak dan Bonek memanas, komunitas ini tetap tegak berdiri. Mereka mewadahi para pecinta Persebaya yang berada di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Bonek Jabodetabek (BJ) terbentuk saat beberapa orang melakukan awaydays ke Bandung mendukung Persebaya pada 30 Juni 2009. Saat itu, Green Force melakoni laga playoff melawan PSMS Medan memperebutkan tempat di Indonesia Super League (ISL).

Pada awal terbentuknya komunitas ini, keberadaan mereka menjadi perhatian The Jak. Terlebih lagi ada perang dingin antara The Jak dan Bonek. Mereka punya slogan: “Minoritas Gak Wedi Blas”.

“Alhamdulillah, saat ini tidak ada kendala berarti. Yang penting kami bisa menjaga diri dan berfilosofi di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” ujar Andhi dari BJ.

Bagi yang ingin bergabung, BJ tak menerbitkan Kartu anggota. Siapapun yang pernah nyangkruk akan dianggap sebagai keluarga besar BJ.

Anggota BJ yang aktif nyangkruk berjumlah 50 orang. Namun saat mereka ada acara besar, yang berkumpul bisa mencapai 100 orang.

Kegiatan mereka pun tak sekedar mendukung Persebaya. Namun juga ngopi bareng, bermain futsal, dan melakukan kegiatan sosial. Saat Persebaya U16 melakoni babak penyisihan Liga Pelajar U16 tingkat nasional yang digelar di Jakarta, mereka tidak pernah absen mendukung laga Green Force cilik. Mereka juga membuatkan jersey dan memberi penghargaan kepada man of the match pertandingan Persebaya U16. Hasilnya, Persebaya U16 lolos ke babak Perempat final dan mencapai final di Sidoarjo.

BACA:  Airbone Siap Ubah Citra Negatif Bonek

Tentang komunitas Bonek yang banyak bermunculan, Andhi menyambut baik. Meski bergabung dengan komunitas bagi Bonek bukanlah keharusan, Andhi menyatakan banyak manfaat yang dirasakan saat bergabung.

“Bonek yang bergabung dengan komunitas tentunya lebih banyak mendapatkan jaringan dan menambah pertemanan,” tambahnya. (iwe)

Biodata Komunitas:
Nama: Bonek Jabodetabek
Berdiri: 30 Juni 2009
Anggota: 100 orang
Kegiatan: Nyangkruk, futsal, kegiatan sosial

  • Fakhrusy Syah Ali

    Boleh minta contact Bonek Jabodetabek ?