Investor Lakukan Due Diligence Terhadap PT PI dan KSAP

EJ – Negosiasi antara manajemen Persebaya dan investor memasuki babak baru. Saat ini, negosiasi sudah memasuki due diligence. Hal tersebut dinyatakan Direktur Bisnis PT PI (Persebaya Indonesia), Kardi Suwito, kepada EJ, Sabtu (24/9).

Investor menurutnya sedang melakukan due diligence terhadap PT PI dan Koperasi Surya Abadi Persebaya (KSAP).

“Investor sangat serius mau masuk Persebaya. Kami sedang melakukan due diligence semua dokumen PT PI dan KSAP” tegas Kardi yang juga Pembina klub PS Pelabuhan.

Due diligence adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan pemeriksaan secara seksama dari segi hukum yang dilakukan oleh konsultan hukum terhadap suatu perusahaan atau obyek transaksi sesuai dengan tujuan transaksi, untuk memperoleh informasi atau fakta material yang dapat menggambarkan kondisi suatu perusahaan atau obyek transaksi.

Tujuannya adalah untuk memperoleh status hukum atau penjelasan hukum terhadap dokumen yang diaudit atau diperiksa, memeriksa semua aspek legalitas dan ketaatan hukum dan memberikan pandangan hukum terkait kebijakan yang dilakukan suatu perusahaan.

Mantan Ketua Umum Persebaya, Arif Affandi, pernah mengungkapkan pentingnya due diligence bagi investor. Berikut pendapatnya yang dituangkan dalam tulisan Jangan Sandera Persebaya.

Investor, dalam dunia bisnis, akan tertarik kalau sebuah perusahaan punya aset dan prospektus. Punya masa depan yang menjanjikan. Jika prospeknya bagus, maka beban utang dan lain sebagainya bisa dibicarakan. Asal masih masuk dalam hitungan bisnis.

Nah, untuk mendapat gambaran masa depan bisnis, investor harus melakukan verifikasi banyak hal. Namanya due diligence. Apa saja yang akan dilihat dalam due diligence? Aset (termasuk utang) dan legalitas. Betulkah utangnya seperti yang disebutkan selama ini? Dan seterusnya.

Bonek tentu menginginkan proses negosiasi berjalan lancar. Apapun langkah yang ditempuh sepanjang itu positif, tentu akan mereka dukung. (bim)

BACA:  Resmi, Jawa Pos Jadi Investor Persebaya