Emosi Jiwaku Lahir dari Semangat Bondo Nekat

16 Oktober 2016 adalah tanggal di mana Emosi Jiwaku (EJ) berusia satu tahun. Hari ini, satu tahun lalu, kami memuat sebuah berita tentang Persebaya.

Tak butuh waktu lama mempersiapkan media yang beralamat di www.emosijiwaku.com ini. Hanya tiga orang Bonek yang saat itu asyik ngopi di sebuah warkop dan memutuskan membuat sebuah portal khusus membahas Persebaya dan Bonek.

Kecintaan kami pada Persebaya sangat besar sehingga kami tidak memikirkan dengan njlimet bagaimana pengelolaan media ini nantinya. Jabang bayi ini kami lahirkan dengan semangat Bonek (Bondo Nekat).

Surabaya adalah kota terbesar kedua dengan sebuah klub sarat sejarah, Persebaya. Sayangnya, jarang ada media yang khusus memberitakan klub kebanggaan Bonek itu. Padahal, gairah untuk mendapatkan kabar-kabar terhangat klub ini sangat besar.

Kami iri dengan kota-kota lain yang mempunyai portal yang aktif memberitakan kabar-kabar terbaru klub lokal mereka. Di Bandung, media berita tentang Persib begitu banyak. Bahkan Malang, kota di mana Arema yang merupakan rival berat Persebaya berada, media yang memberitakannya sangat berjibun. Mengapa di Surabaya malah jarang?

Media tentang Persebaya harus ada! Itu tekad kami.

Sejak hari itu, kami berusaha memberitakan kabar-kabar terbaru. Tak hanya berita, EJ juga menampung tulisan-tulisan berupa opini tentang Persebaya dan Bonek.

Kemunculan kami tidak diketahui banyak orang di tengah-tengah perjuangan Bonek mengembalikan Persebaya. EJ tidak mempunyai modal besar untuk biaya promosi. Kemampuan finansial kami yang terbatas membuat EJ tidak bisa merekrut wartawan dan fotografer. Jadinya, kami nekat membuat sendiri tulisan-tulisan itu. Untungnya di antara kami, ada beberapa yang pernah bekerja di media.

EJ tidak memberi bayaran kepada para pengelolanya. Semua dikerjakan secara sukarela. Meski begitu, EJ berusaha membuat konten-konten yang berkualitas. Berita-berita yang kami tampilkan harus sesuai dengan standar jurnalistik yang tinggi dengan bahasa-bahasa yang baik. Kami hanya menyajikan fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi kebenarannya.

Pada awal berdirinya, EJ memberitakan ujicoba Persebaya melawan Persatu Tuban. Juga keikutsertaan Persebaya pada sebuah turnamen di Probolinggo. Kabar-kabar tentang manajemen juga kami muat. Kontennya juga semakin bervariatif. Ada kartun, video, foto, hingga match programme.

Untungnya, EJ sangat terbantu dengan partisipasi Bonek yang mengirimkan tulisan opininya. Dan tulisan-tulisan tersebut sangat bangus. Ini yang membuat kami bangga bahwa ternyata Bonek bisa menulis. Selama ini mereka tidak terlihat karena tak banyak media yang menampung tulisan Bonek.

Beberapa Bonek dan Bonita bergabung bersama kami dengan sukarela. Bergabungnya mereka membuat EJ semakin semangat menghadirkan konten-konten berkualitas. Dan itu sangat mempengaruhi jumlah kunjungan pembaca.

BACA:  Masa Depan Persebaya Menurutku

Menurut data Google Analytic, jumlah pengunjung pada tiga bulan pertama hanya 470-an per hari. Pada 2016 ini, antara Januari hingga Oktober, jumlah rata-rata kunjungan membengkak 5 kali lipat menjadi 2.500 per hari.

Bahkan pada bulan Agustus saat Bonek melakukan aksi Gruduk Jakarta, jumlah kunjungan mencapai 6.000 per hari. Pernah dalam sehari, EJ mendapat kunjungan mencapai 23.000. Banyaknya kunjungan itu menegaskan bahwa Bonek sangat membutuhkan berita-berita tentang klub pujaannya.

grafis-ej

EJ tidak hanya membagikan konten-konten melalui website, namun juga media sosial. Kami memanfaatkan beberapa media sosial yang masing-masing mempunyai jumlah follower yang tinggi. Instagram (18.500 Follower), Facebook (10.000), dan Twitter (3.900). Media sosial menjadi jembatan antara Bonek dengan EJ. Semua saling bersinergi dan melengkapi.

grafis-ej2

Kami juga aktif mendukung kegiatan-kegiatan offline yang dibuat Bonek. EJ sempat membuat acara lomba mewarnai dengan peserta Bonek dan Bonita cilik. Kami mendukung kampanye agar Bonek bisa menjadi suporter yang baik.

Usia EJ memang masih bayi. Tapi ke depan, EJ akan akan selalu membuat konten-konten berkualitas dan variatif. Kami akan terus mendukung kegiatan-kegiatan offline Bonek. Saat Persebaya berlaga di kompetisi resmi, EJ berencana membuat buletin pertandingan yang akan dibagikan secara gratis. EJ juga mempunyai cita-cita membuat EJ TV yang akan menyiarkan streaming pertandingan atau latihan Persebaya.

Acara talk show Bonek Campus yang didukung EJ.
Acara talk show Bonek Campus yang didukung EJ.

Mimpi-mimpi di atas memang besar. Tapi semua keberhasilan diawali dengan mimpi. Dan tentu saja kerja keras. Dengan gairah dan potensi yang ada, EJ yakin bisa mewujudkannya.

EJ berterima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini ikut membuat EJ dikenal masyarakat. Salah satunya partner kami yang serius mendukung kami yakni QWords.com, sebuah perusahaan hosting yang membuat EJ bisa diakses dengan lancar tanpa macet.

Para pemenang Lomba Mewarnai Bersama Jojo sedang menerima piala dan bingkisan.
Acara lomba mewarnai yang diselenggarakan EJ.

Kami juga berterima kasih kepada Bonek yang selalu mendukung EJ di tengah-tengah perjuangan menuntut hak Persebaya. Matur suwun atas kiriman tulisan-tulisannya yang berkualitas. Kami berharap Bonek bisa memanfaatkan EJ sebagai media untuk saling bertukar pikiran tentang Persebaya dan Bonek.

Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen Persebaya yang meskipun sering menjadi sasaran kritik namun tetap memberikan informasi berharga yang dibutuhkan Bonek. Untuk ke depan kami berharap EJ dan manajemen mampu menjadi partner yang saling melengkapi. EJ akan selalu mengkritik manajemen jika salah namun akan mendukung jika benar.

Terakhir, kami sangat menantikan saran dan kritik membangun dari pembaca yang bisa membuat EJ menjadi media terpercaya dan berkualitas.

Salam satu nyali! Wani!

Redaksi

Facebook Comments