Film Sejarah Bonek Minim, Yuk Ikuti Lomba Film Ini

EJ – HMD Ilmu Sejarah Universitas Airlangga Surabaya (Unair) mengadakan lomba film dokumenter sejarah yang masuk dalam serangkaian acara Malam Puncak Pekan Sejarah (MPPS) 2016. MPPS merupakan acara tahunan. Even tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. MPPS 2016 menyuguhkan serangkaian acara yang lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya dari segi kualitas dan kuantitas. Salah satu serangkaian acara tersebut adlah lomba film dokumenter sejarah.

Lomba film dokumenter sejarah tersebut mengambil tema besar Urban History. Tema Urban History apabila disubtemakan di dalamnya terdapat sejarah komunitas. Bonek sebagai komunitas yang berciri khas Surabaya tentunya mempunyai nilai plus tersendiri apabila dikemas dalam film dokumenter sejarah. Film dokumenter sejarah Bonek akan semakin melengkapi kajian ilmiah tentang Bonek yang sebelumnya masif dikemas dalam karya tulisan menjadi karya audio visual.

Karya audio visual mempunyai nilai plus tersendiri apabila dibandingkan dengan karya dalam bentuk tulisan. Karya audio visual akan menampilkan sisi-sisi menarik dari Bonek yang belum dapat diungkapkan dengan jelas dalam karya tulisan menjadi lebih nyata. Selain sejarah komunitas, subtemanya juga terdapat sejarah gedung. Bonek dapat mengkaji Stadion Gelora 10 November atau Wisma Karangayam sebagai gedung berserah saksi bisu dari perjalanan hidup Persebaya.

Saat ini, terdapat beberapa film yang menampilkan suporter yaitu Romeo Juliet (Jakmania & Viking), Kibaran Satu Jiwa – Bendera Arema One Incredible Blue dan Langkah Tegar Sang Singa Tua – Maskot Arema (Suporter tetangga sebelah). Ketiga film tersebut merupakan film berkualitas yang menampilkan sisi-sisi menarik dari suporter sepak bola khususnya yang ada di Indonesia.

Film Romeo Juliet merupakan film yang mengangkat kisah cinta dari dua suporter sepak bola berbeda yang sedang dalam tensi tinggi. Sementara film Kibaran Satu Jiwa – Bendera Arema One Incredible Blue dan Langkah Tegar Sang Singa Tua – Maskot Arema merupakan film dokumenter menarik karya dari SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen Malang. Dua-duanya pernah tampil dalam festival film, meskipun festival film yang ada di Malang sendiri yaitu Malang Film Festival. Kibaran Satu Jiwa – Bendera Arema One Incredible Blue mengisahkan perjuangan dalam membentangkan bendera One Incredible Blue sementara Langkah Tegar Sang Singa Tua – Maskot Arema berkisah tentang seorang maskot Singa dari Aremania.

BACA:  Mahasiswa Ilmu Sejarah Unair Adakan Pameran History of Persebaya

Masih minimnya film terkait dengan Bonek yang belum “Show Up”, sudah seharusnya dapat menjadi pemantik untuk membuat karya visual yang menarik dengan Bonek sebagai warna utamanya. Salah satu bentuk film tersebut dapat berupa film dokumenter sejarah yang jarang atau minim sekali sejarah suporter diangkat dalam suatu karya film.

Dengan diadakannya lomba film dokumenter sejarah diharapkan Bonek dapat berpartisipasi dalam acara tersebut untuk menampilkan suatu karya film yang berkualitas dari Bonek. Adanya lomba tersebut sekaligus untuk meramaikan kajial ilmiah tentang Bonek yang sebelumnya sudah banyak dalam karya tulisan ke karya visual yang lebih masif. (*)

poster-film