Inilah Aksi-Aksi Solidaritas Suporter Buat Persebaya dan Bonek

Suporter PSM, Maczman, dengan spanduk dukungan untuk Persebaya.

EJ – Aksi solidaritas untuk Bonek digelar beberapa kelompok suporter di Indonesia. Aksi ini selain sebagai bentuk dukungan buat Bonek, juga untuk mengecam PSSI yang dianggap menzolimi Persebaya.

Aksi tak hanya digelar di Jawa tapi juga di Sulawesi dan Sumatera. Bentuk aksi bermacam-macam. Ada yang melakukan boikot, ada juga yang membentangkan spanduk dukungan buat Persebaya dan Bonek di sela-sela menonton pertandingan. Beberapa melakukan doa bersama.

Berikut aksi-aksi yang dilakukan supporter sebagai bentuk dukungan buat Persebaya dan Bonek.

Sampang, Madura
Suporter Madura United (MU), Trunojoyo Mania memutuskan memboikot laga klubnya hingga akhir turnamen ISC. K-Conk Mania juga memutuskan memboikot. Sehari sebelum MU berlaga di Makassar, mereka memutuskan untuk tidak berangkat.

Karawang, Jawa Barat
Kelompok suporter PSS Sleman, Brigata Curva Sud (BCS) melakukan aksi boikot di luar stadion Singaperbangsa saat timnya berlaga melawan Persita di turnamen ISC B, Sabtu (12/11). Sementara itu, suporter Persita juga membentangkan spanduk dukungan buat Bonek di dalam stadion.

Makassar, Sulawesi Selatan
Suporter PSM Makassar membentangkan spanduk bertuliskan Kami Bela Persebaya saat menonton laga klubnya di Stadion Andi Matalatta di turnamen ISC, Sabtu (12/11).

Bandung, Jawa Barat
Suporter Persib, Viking, membentang spanduk bertuliskan Save Persebaya 1927 saat jeda pertandingan klubnya melawan Persipura, Sabtu (12/11) di Stadion Jalak Harupat. Mereka juga menyanyikan lagu Viking Bonek Bersaudara dan Persebaya Kau Tak kan Sendirian.

Tuban, Jawa Timur
Suporter Persatu Tuban, Ronggo Mania, menggelar aksi solidaritas untuk Bonek. Mereka membuat spanduk berisi kecaman untuk PSSI.

Solo, Jawa Tengah
Suporter Persis Solo, Pasoepati, menggelar aksi solidaritas dan dukungan buat Persebaya dan Bonek saat Car Free Day, Minggu (13/11)

BACA:  BCS Buktikan Janji Boikot Demi Bonek

Magelang, Jawa Tengah
Suporter PPSM bersama kelompok supporter lain menggelar malam solidaritas untuk Persebaya dan Bonek, Minggu (13/11).

Gresik, Jawa Timur
Ultras Gresik, suporter Persegres Gresik United, membentangkan spanduk bertuliskan Surabaya Punya Kebanggaan dan Ultras Gresik Rindu Persebaya di Stadion Petrokimia Gresik saat pertandingan melawan Bhayangkara FC, Sabtu (12/11).

Cilacap, Jawa Tengah
Suporter PSIM membentangkan spanduk dukungan buat Persebaya saat timnya berlaga melawan tuan rumah PSCS Cilacap, Sabtu (12/11).

Pekanbaru, Riau
Asykar Theking, supporter PSPS membentangkan spanduk dukungan buat Bonek saat pertandingan melawan Persekap Pasuruan, Sabtu (12/11) di Stadion Kaharuddin Nasution.(iwe)