Gol Andik Vermansah Ikut Antar Indonesia ke Semifinal Piala AFF

113
Andik Vermansah setelah Indonesia mengalahkan Singapura. (Foto: Goal.com)

EJ – Mantan pemain Persebaya yang kini membela Selangor FC, Andik Vermansah, menyumbangkan satu gol untuk Indonesia saat mengalahkan Singapura pada babak penyisihan Grup A, Piala AFF 2016.

Pertandingan yang berakhir dengan skor 2-1 itu digelar di Stadion Rizal Memorial, Jumat (25/11). Gol kedua Timnas dicetak Stefano Lilipaly tiga menit jelang pertandingan berakhir. Hasil itu mengantar Indonesia melaju ke babak semifinal yang akan digelar 3 Desember 2016.

Indonesia tertinggal lebih dulu dari Singapura lewat gol yang dicetak Khairul Amri pada menit ke-27. Tertinggal satu gol membuat posisi Indonesia terjepit karena mereka harus mencetak dua gol dan berharap tuan rumah Filipina tidak menang atas Thailand.

Usaha Indonesia menyamakan kedudukan terbentuk strategi Singapura yang menumpuk hingga tujuh pemain saat bertahan. Ini menyebabkan Indonesia kesulitan menciptakan peluang. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Singapura.

Di babak kedua, Khairul kembali menebar ancamannya ke gawang yang dijawaga Kurnia Meiga. Pada menit ke-48, tendangan kerasnya mampu ditepis Meiga.

Menyadari jika Indonesia butuh target man, Pelatih Alfred Riedl memasukkan Ferdinand Sinaga pada menit 57. Keputusan itu tepat karena selang enam menit kemudian, Andik mencetak gol penyama kedudukan. Umpan silang dari sisi kiri pertahanan Singapura yang dilepaskan Rizky Pora mampu dikonversi menjadi gol oleh pemain idola Bonek itu.

Meski imbang, Indonesia butuh satu gol lagi untuk memastikan tempat di semifinal. Beberapa peluang didapat pemain Timnas. Salah satunya dari Boaz Solossa yang melepaskan tembakan yang sayangnya masih mampu digagalkan penjaga gawang Hassan Sunny.

Serangan demi serangan Indonesia akhirnya membuahkan hasil. Lilipaly melepaskan tembakan berkat umpan dari Boaz pada menit ke-87. Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai.

BACA:  Stadion Pakansari Bogor Akhirnya Jadi Kandang Timnas

Pada pertandingan semifinal nanti, lawan yang dihadapi kemungkinan Vietnam yang saat ini memuncaki klasemen Grup B dengan poin enam. (iwe)