Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia Kompak Bela Persebaya

Sejumlah komunitas suporter di Malaysia yang tergabung dalam Aliansi Suporter Indonesia kompak membela Persebaya.

EJ – Ada pemandangan menarik saat acara nonton bareng (Nobar) Semifinal leg pertama AFF Cup 2016 antara Timnas melawan Vietnam di Kuala Lumpur tadi malam (3/12). Pasalnya, acara yang dihadiri oleh sejumlah komunitas suporter, pelajar dan Warga Negara Indonesia (WNI) itu juga menyatakan kompak membela Persebaya.

Hal ini dikemukakan oleh Bayu, Koordinator Bonek Malaysia di acara nobar. Dia menceritakan dengan dipasangnya spanduk perlawanan terhadap PSSI yang bertuliskan “Kami Bela Persebaya” di venue, membuat banyak orang yang hadir bertanya-tanya mengenai nasib mantan klub Andik Vermansah itu.

“Sudah menjadi tanggung jawab kami untuk mensosialisasikan gerakan Bela Persebaya di manapun berada dan kepada siapapun. Walaupun sebenarnya sudah banyak diulas di media massa dan sosial media. Saya yakin mereka akan lebih percaya jika dijelaskan langsung oleh Bonek. Alhamdulillah hari ini Kaconk, Viking, Ultras, Kediri XTreem Malaysia, serta komunitas pelajar sepakat bersama-sama membela Persebaya,” terang pemuda asal Jember ini.

Hal itu dibenarkan Mohammad Rasul Purwanto, perwakilan dari Ultras Gresik Malaysia. Rasul menilai bahwa dinamika sepakbola di Indonesia sangatlah kompleks, namun yang krusial saat ini adalah menyelamatkan Persebaya dari konspirasi yang dilakukan PSSI. “Yang pasti kami hadir untuk mendukung aksi Bonek dan menyambung silaturahmi dengan komunitas WNI yang ada disini,” jelas Rasul.

Hal senada juga diungkapkan Mahfuzd Tejani, perwakilan dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia. Walaupun acara ini digelar secara spontanitas, namun tidak mengurangi rasa nasionalisme antar WNI di Malaysia. Semuanya melebur dalam semangat yang satu mendukung timnas.  “Apresiasi layak diberikan kepada Bonek yang sangat militan memperjuangkan nasib Persebaya, dan kami akan selalu berjuang beriringan mensosialikan gerak ini,” pungkas pria asal Pamekasan ini.

BACA:  Potensi Pendapatan Rp 3,3 M, Penjualan Tiket Timnas Harus Transparan

Tidak kurang dari 100 orang hadir di acara nobar yang juga disiarkan secara live oleh salah satu radio swasta Malaysia pada segment khusus dan sejumlah awak media cetak. Dan diakhiri dengan sesi futsal dan makan makan. Rencananya, nobar akan digelar lagi pada 7 Desember saat Semifinal leg kedua dimana Vietnam bertindak sebagai tuan rumahnya. (bm)