Menang 2-1, Indonesia Cukup Hasil Seri Buat Lolos

Boaz Solossa merayakan golnya bersama Stefano Lilipally. (Foto: AFF Cup 2016)
Iklan

EJ – Indonesia sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1 pada pertandingan leg pertama Semifinal AFF Cup di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12). Bermain di depan 30 ribu pendukungnya, timnas berhasil menjaringkan dua gol yang masing-masing dicetak Hansamu Yama dan Boaz Solossa. Sementara gol Vietnam dicetak Nguyen Van Quyet dari titik putih.

Pertandingan berlangsung ketat dan menarik. Kedua kesebelasan bermain menyerang terutama Vietnam yang membutuhkan gol tandang untuk mempermudah jalan menuju final.

Gol pertama Indonesia dicetak Hansamu Yama saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Umpan dari tendangan bebas Rizky Pora disambut sundulan pemain yang membuat Irfan Bachdim cedera itu. Gol itu disambut gegap gempita tak terkecuali Presiden Jokowi yang ikut menonton pertandingan.

BACA:  Hansamu Yama, Otavio Dutra, dan Irfan Jaya Dipanggil Timnas PPD

10 menit berselang, Indonesia tak mampu mempertahankan keunggulan. Pelanggaran yang dibuat Beny Wahyudi kepada pemain Vietnam di kotak terlarang menyebabkan wasit asal Australia menunjuk titik putih. Nguyen Van Quyet sukses melaksanakan tugasnya sebagai algojo. Kedudukan 1-1 bertahan hingga turun minum.

Iklan

Di babak kedua, timnas langsung menekan karena membutuhkan kemenangan. Pelanggaran di kotak pinalti Vietnam kepada Stefano Lilipally pada menit 50 membuat wasit memberi hadiah pinalti. Boaz sukses membuat Indonesia unggul meski tendangannya sempat menyentuh tangan kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh.

BACA:  Bonek Malaysia Akan Dukung Timnas U-23 di Singapura

Unggul 2-1 membuat Indonesia mengendorkan serangan. Hal ini dimanfaatkan Vietnam untuk menekan pertahanan timnas. Beberapa peluang didapat Vietnam salah satunya tendangan voli menjelang laga berakhir. Beruntung, tendangan itu mampu dihalau kiper Kurnia Meiga. Hingga laga berakhir, kedudukan tetap 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

Pada pertandingan leg kedua di stadion My Dinh, Vietnam, Rabu, 7 Desember mendatang, Indonesia hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos ke final. Hari ini (4/12), timnas bertolak menuju Hanoi menggunakan penerbangan pukul 13.05 WIB. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display