Persebaya Harus Solid, Kuat, dan Mandiri

Persebaya, saya ingin melihatnya mandiri setelah dibekukan sekian tahun oleh PSSI. Lupakan masa lalu, bangkitlah Persebayaku. Tunjukkan kepada dunia bahwa persebaya itu tim solid, kuat, mandiri. Manajemen Persebaya harus mandiri. Mandiri soal pendanaan klub, mencari sponsor, pembelian pemain, transfer pemain, menggandeng sponsor, belajar membuka bisnis.

Perbanyak ujicoba dengan klub-klub tangguh asia, eropa, amerika latin jika pendanaan sudah kuat. Untuk supporter sebaiknya dibina mulai usia dini hingga manula. Perbanyak nobar untuk suporter yang tidak kebagian tiket menonton di stadion. Jika suporter tret tet tet tandang harus dikelola, ditertibkan baik keberangkatan atau kepulangaannya.

Persebaya di masa depan harus benar-benar mencari bibit-bibit pemain. 90 persen pemainnya harus dalam negeri dan 10 persen pemain asing. Panggil pemain asing yang pernah merumput bersama Persebaya di tahun 2009. Bila tidak bersedia baru mencari pemain asing baru.

Selain itu, pemain lama harus diajak kembali membela Persebaya, misal Andik Vermansah. Dan Persebaya harus mempunyai Persebaya U23, U21, U19, U17, dst. Persebaya harus mempunyai banyak klub anggota. Jika perlu, jadikan SSB (Sekolah Sepak Bola) sebagai klub anggota Persebaya.

#PersebayaMasaDepan

*) Mulyadi Notopranoto (notopra*******@yahoo.com)

BACA:  Kembali Berkompetisi, Itulah Persebaya Masa Depan