Nasib Persebaya ada di Tangan Voters

56

EJ – Persebaya akan disahkan di kongres besok dengan syarat mayoritas voter menyetujuinya. Sekjen PSSI Ade Wellington menyebut pengesahan Persebaya tergantung voters.

“Hanya semua juga bergantung kepada voters. Dan, kami sedang berusaha untuk meyakinkan voters agar memuluskan agenda itu di kongres,” ujar Ade di sela-sela rapat Executive Committee (Exco), Jumat (6/1), seperti dikutip dari Jawa Pos.

Meski begitu, ia optimis mayoritas voters akan mengakui kembalinya Persebaya.

Salah satu anggota Exco, Hidayat, menyebut bahwa kembalinya Persebaya ke kompetisi sudah tak terbendung.

“Kembalinya Persebaya ke kompetisi resmi itu sudah tak terbendung lagi. Pak Edy (Rahmayadi, ketua umum PSSI, Red) juga memiliki spirit besar untuk itu,” ujar Hidayat.

Pria yang dulu menolak pembahasan agenda Persebaya dibahas di kongres pemilihan ini juga memastikan pemulihan Persebaya, Persibo, dan Persema menjadi agenda resmi di kongres.

Hidayat juga memastikan bahwa ia dan anggota Exco lain akan mengesahkan Persebaya yang bermarkas di Karanggayam. Dan pengesahan itu tanpa embel-embel 1927. “’Intinya, kami tidak mengenal Persebaya 1927 karena selama ini mereka belum secara resmi terdaftar sebagai anggota PSSI,’’ ucap Hidayat.

Janji pengesahan Persebaya di kongres juga dilontarkan anggota Exco PSSI periode lalu, Tony Apriliani. Kala itu, mayoritas voters kemudian menolak pembahasan agenda Persebaya di kongres pemilihan sehingga membuat tim kebanggaan Bonek itu tidak diakui. (iwe)

Keterangan foto: Pertandingan ujicoba antara Persebaya dan Persema. Kedua tim era Perserikatan ini kemungkinan diakui pada kongres besok. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

BACA:  Persebaya Diakui, Histeria Bonek di Mess Karanggayam Pecah