Aksi Pasukan Sapu Terbang, Bonek Yang Bersih-Bersih GOR Pajajaran

EJ – GOR Pajajaran menjadi tempat bagi ribuan Bonek menginap selama tiga hari mulai 6-8 Januari, saat aksi Gruduk Bandung. Banyaknya Bonek membuat tumpukan sampah tersebar di mana-mana. Terutama di halaman GOR yang menjadi pusat kegiatan Bonek. 

Kondisi ini membuat beberapa Bonek berinisiatif membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan Bonek. Sekitar 10 Bonek membersihkan sampah-sampah mulai botol plastik hingga bungkus rokok. Mereka membawa peralatan kebersihan berkeliling menyusuri halaman GOR mengumpulkan sampah untuk kemudian dimasukkan ke plastik sampah.


Salah satu Bonek yang ikut dalam tim yang mereka namakan “Pasukan Sapu Terbang” itu adalah Kintoko Adji. Bonek asal Madiun yang kini tinggal di Bandung itu mengaku awalnya prihatin dengan menumpuknya sampah di GOR Pajajaran pada hari pertama kedatangan Bonek. Meski di sana ada petugas kebersihan, mereka tetap sukarela membersihkan.

“Memang betul ada tenaga kebersihan yang bertugas di situ. Namun jumlahnya tidak sebanding dengan banyaknya sampah yang dihasilkan. Ibarat kita tamu, tuan rumah sudah memberikan kita tempat untuk menginap, makan, minum bahkan sampai rokok, saat kita pulang, kita justru memberikan pekerjaan baru kepada tuan rumah berupa sampah,” ujarnya kepada EJ.


Awalnya hanya ia dan 10-an Bonek asal Surabaya yang turun lapangan. Namun mereka akhirnya dibantu komunitas Bonek Jabodetabek yang juga antusias membantu.

“Memang masih susah untuk menumbuhkan kesadaran akan kebersihan, terbukti saat kita membersihkan area banyak yang memilih berdiam diri, tetapi alhamdulillah beberapa tergerak membantu,” tambahnya.

Kintoko memberi pesan agar Bonek memberi kesan yang baik untuk tuan rumah saat berada di kota lain untuk mendukung Persebaya berlaga.

BACA:  Dua Bonek Yang Coba Curi di Mini Market GOR Pajajaran Ditangkap Polisi

“Alangkah baiknya kita bisa memberikan kesan yang baik buat tuan rumah, sehingga mereka juga tidak kapok setiap kedatangan bonek,” tutur pria yang juga pengusaha clothing ini.

Ia juga berharap agar Bonek segera berbenah. Apalagi sebentar lagi Persebaya kembali berlaga. “Gak usah muluk-muluk dulu, cukup bisa buang sampah pada tempatnya dan tidak mengotori tempat orang lain saja sudah luar biasa,” tutupnya.

Apa yang dilakukan Kintoko dkk memang belum seberapa. Namun setidaknya apa yang dilakukan Bonek bisa sedikit membantu tuan rumah. (iwe)

Foto 1: Bonek mengumpulkan sampah yang dimasukkan ke dalam kantong plastik di GOR Pajajaran. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

Foto 2: Bonek sedang mengumpulkan sampah. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

Foto 3: Pasukan Sapu Terbang yang ikut dalam aksi bersih-bersih. (Foto: dok. Kintoko Adji)