Wacana Pembatasan Usia Pemain: Jadilah Pemain Bermental Pejuang Buat Persebaya

75
PSAL, juara kompetisi internal 2016 yang berpotensi menyumbang pemain ke tim senior Persebaya. (Foto: Bimbim/EJ)

Draf regulasi tentang pembatasan usia pemain di Divisi Utama (DU) sungguh menarik dari berbagai sudut. Wacananya setiap tim hanya diperbolehkan menggunakan lima pemain yang berusia di atas 25 tahun. Asumsinya untuk usia 25 ke atas adalah usia emas yang boleh bermain di level teratas.

Persebaya Surabaya yang baru saja diakui lagi oleh PSSI musim depan akan bermain di level ini. Ada 60 klub DU. Klub-klub tersebut tersebar dari Sabang hingga Merauke. Pembagian grup belum ditentukan. Seperti biasanya, komposisi awal grup nanti akan memakai sistem zona dengan melihat sisi geografis. Efisiensi anggaran menjadi hal utama.

Persebaya belum juga membentuk skuad untuk musim ini. Manajemen sedang menunggu deal dengan investor. Belum ada kepastian juga siapa yang menjadi head coach nanti. Pelatih akan menentukan siapa yang akan mengisi lima pemain di atas usia 25 tahun. Tim bayangan yang biasa latihan di bawah asuhan Ahmad Rosyidin dan Lulut Kistono menyisakan banyak mantan pemain senior. Sebut saja Dedy Sutanto, Dimas Galih, Khomad Suharto, Jefry Prasetyo, Mat Halil, Rendy Irawan, Nurmufid Fasta, Feri Ariawan, Khabib Syukron, dan masih banyak lagi.

Pilihan banyak untuk kuota yang sedikit. Ini butuh kejelian dari sang pelatih. Banyak faktor untuk bisa memilihnya. Sedangkan sisanya adalah kuota pemain divbawah 25 tahun. Ini adalah salah satu keuntungan Persebaya. Bank pemain dari klub internal sangatlah melimpah. Belum berpengalaman di level atas tetapi punya potensi besar. Pelatih dan metode latihan yang akan membentuk mereka menjadi pemain tangguh, baik secara mental dan teknik.

Regulasi baru jika memang disahkan harus menjadi momentum para pemain dari klub internal. Tidak hanya bisa bermain di Persebaya tetapi bisa di DU lain di seluruh Indonesia. Jangan takut merantau. Peluang bermain sangat besar untuk karir ke depan. Jadilah pemain yang mempunyai mental tangguh.

Persebaya adalah tim besar dan penuh pesona. Persaingan masuk tim akan sangat sulit dan ketat. Belum lagi jika para pemain luar Surabaya ikut seleksi. Ini tantangan buat putra Surabaya. Surabaya adalah salah satu “eksportir” pemain ke seluruh Indonesia.

Mari kita tunggu siapa saja yang akan menghuni skuad Persebaya era baru. Era di mana Bonek generasi sekarang adalah generasi hebat. Maka kalian haruslah jadi pemain generasi pejuang yang luar biasa. Salam.