Bentuk Tim Sweeping Bonek Yang ke Stadion Tapi Gak Niat Beli Tiket

292

Belajar dari masa lalu, masih ada segerombolan Bonek yang masih di luar stadion yang hanya datang saat Persebaya main tapi tidak ada niatan untuk membeli tiket.

Untuk mengatasi masalah itu, bagaimana jika dibentuk tim yang tugasnya mem-sweeping Bonek yang datang hanya untuk berulah dan tak punya niat beli tiket? Tim itu seperti Pecalang di Bali. Kalau bisa timnya diberi nama Sapu Jagat.

Usul saya sih ada beberapa Bonek yang dituakan yang disegani dan dihormati kebanyakan Bonek untuk dikondisikan di beberapa ruas jalan menuju stadion untuk men-sterilkan dulur-dulur Bonek yang mau berbuat ulah di jalan maupun di luar stadion. Saya rasa cukup 3 tahun cara ini diterapkan, Insya Allah, bisa membuat stigma negatif para masyarakat terhadap Bonek hilang.

Jika ada dulur Bonek yang berbuat ulah, kalau bisa ditindak tegas secara kekeluargaan. Bisa juga fotonya di pajang di media sosial misal di beberapa FP Bonek. Tujuannya biar ada efek jera. Pun misal ada yang berbuat ulah di dalam stadion juga harus ditindak tegas seperti di luar stadion. Nanti setiap personil tim diberi HT untuk komunikasi antar personil dan jajaran keamanan terkait.

Memang, ini membutuhkan biaya untuk personilnya. Tapi jika manajemen Persebaya ingin memperbaiki stigma Bonek, pasti rencana ini tidak sia sia.

*) Pecinta Persebaya dan Bonek

  • NuZuL SyN2

    Setuju wes… Bonek sekarang harus dewasa…

  • Misbachul Munir Al Musawa

    setuju mind… pancen akeh sing gerombol ndek ngarep stadion.. tapi io gak isok memaksa juga soalnya mungkin gk ada uang juga kalau gak ngunu ya nunggu bobolan.. kalau yg berbuat ulah saya setuju di foto pajang di FP Arek Bonek Persebaya

    • Hadi Harmony

      yo nek ngunu seng mbobol pager/gerbang yo kudu ditindak pisan bro