Jangan Datang Jika Hanya Ingin Duduk-Duduk di Luar Stadion

174

EJ – Idealnya, orang datang ke stadion tujuannya hanya satu: menonton pertandingan. Namun ternyata tak semua orang datang ke stadion dengan tujuan itu. Mereka hanya datang dan duduk-duduk di luar stadion. Sementara tujuan mereka hanya ingin berkumpul dengan teman-temannya sambil mengharapkan pintu stadion dibuka. Sehingga mereka bisa masuk secara gratis. Ada juga yang memang berniat untuk memanjat dinding stadion dan masuk secara gratis.

Adalah hak untuk mendatangi stadion dengan tujuan apapun. Namun para pemegang tiket yang berniat nonton tentu punya hak untuk mendapat suasana nyaman sebelum, selama, dan sesudah menonton pertandingan. Tentu tak adil jika ada yang membeli tiket namun ada suporter yang menjebol pintu stadion atau memanjat dindingnya. Tentu mereka akan terganggu dengan sulitnya akses menuju stadion akibat banyaknya orang-orang yang bergerombol di luar stadion tapi tidak mau membeli tiket.

Di era profesional ini, sebaiknya para suporter mulai memberi kontribusi untuk klubnya. Membeli tiket adalah salah satu bentuk kontribusi. Ini lebih baik ketimbang berkoar-koar mencintai klubnya namun tak mau beli tiketnya. “No Ticket No Game”. (*)