Menanggapi Pemakaian Nama Persebaya dan Bonek Untuk Kepentingan Pribadi dan Kelompok

Tulisan tentang Bonek ini saya buat hanya sekedar pendapat pribadi yang mungkin banyak kekurangannya. Topiknya tentang apakah pantas nama Persebaya dan Bonek dipakai oleh pribadi yang sekarang ini sedang ramai dibicarakan di medsos oleh dulur-dulur Bonek.

Intinya semua pro dan kontra tersebut dikembalikan kepada masing-masing Bonek. Asalkan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian dengan tidak saling menyalahkan satu dengan yang lain.

Bonek memang identik dengan suporter Persebaya yang tidak pernah diragukan akan loyalitasnya. Akan tetapi alangkah baiknya jika di luar permainan 2×45 menit, identitas ke-Bonek-annya cukup diletakkan di dalam spirit pribadi. Terutama saat hidup bermasyarakat. Tujuannya agar tidak menimbulkan pro dan kontra dari beberapa pihak. Misal kejadian penggunaan nama Persebaya dan Bonek saat mendukung seseorang atau kelompok.

Saya yakin teman-teman Bonek bisa menyikapinya dengan kepala dingin dan bijaksana sehingga kita tidak bisa di adu domba hanya gara-gara masalah seperti ini. Karena sejatinya Bonek itu suporter Persebaya yang di dalam tiap individu juga ada perbedaan yang di satukan dalam mendukung Persebaya.

Salam Hormat kawan

*) Rio Pravasta putra