Ada Sentuhan Coach Iwan, Persebaya Kalahkan 81 FC

Pemain seleksi Persebaya sedang mendengarkan arahan Coach Iwan. (Foto: Izzudin Afif)

EJ – Setelah ditetapkan sebagai pelatih Persebaya, Iwan Setiawan langsung memantau pertandingan uji coba melawan 81 FC yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (30/1). Uji coba itu merupakan agenda latihan Persebaya di bawah duet pelatih sementara Persebaya, Ahmad Rosyidin dan Lulut Kistono.

Coach Iwan tidak langsung memberi intruksi. Sesaat setelah tiba, ia memantau pertandingan dari tribun VIP. Pertandingan uji coba itu menggunakan sistem 3×30 menit.

Babak pertama, Persebaya diisi campuran pemain senior dan junior. Di babak ini, tidak ada gol yang tercipta. Di babak selanjutnya, tim lapis kedua diturunkan menghadapi klub yang dilatih mantan pemain Persebaya, Uston Nawawi ini. Sementara Coach Iwan masih berada di tribun menganalisis permainan. Hasilnya tidak menggembirakan. Permainan terlihat amburadul dan lebih banyak diserang lawan. Untungnya tidak ada gol yang tercipta.

Baru di pertengahan babak, coach Iwan turun menuju bench pemain-pemain yang akan diturunkan di babak ketiga. Di babak ini, Persebaya menurunkan pemain intinya. Kiper Persebaya dipercayakan kepada Dimas Galih. Ada juga Rahmad, Mat Halil, Taufan, Misbakhul Solikhin, dan Rendi Irawan.

Persebaya terlihat lebih kompak. Baru beberapa menit babak ketiga dimulai, beberapa peluang tercipta. Tidak seperti di babak kedua yang terus menyerang, pemain-pemain 81FC yang dikomandoi mantan pemain Arema, Syaifudin, harus bertahan total.

Iwan Setiawan mengamati permainan Persebaya dari tribun VIP. (Foto: Izzudin Afif)

Coach Iwan langsung memberi instruksi di pinggir lapangan. Ia berteriak-teriak mengarahkan pemainnya. Terutama pemain-pemain yang ada di sisi kanan. Mereka selalu diberi arahan selama pertandingan babak ketiga.

Setelah terus menyerang, umpan tarik Rendi Kurniawan dari sisi kanan pertahanan 81 FC akhirnya diselesaikan dengan baik oleh Irsandi. Gol kedua lahir dari tusukan Taufan. Sementara gol ketiga lahir dari titik pinalti yang dieksekusi dengan baik oleh Misbakhul Solikhin. Pertandingan ini berakhir dengan skor 3-0 untuk Persebaya.

BACA:  Manajemen Tunjuk Iwan Setiawan Sebagai Pelatih Persebaya

Coach Iwan terlihat tidak canggung meski baru pertama kali bertemu para pemainnya. “Hai Bejo, ayo koordinasi belakang!” teriak Coach Iwan saat memberi arahan kepada Rian Irianto, putra Bejo Sugiantoro.

Dengan teriakan-teriakan dan logat khas Medan, ia memberi arahan kepada pemainnya. “Ayo Rendi, kamu berani, pasti dapat itu!”.

Jika ada kekurangan dari pemain-pemain yang ada didekatnya, ia langsung memanggil dan memberi arahan serta contoh gerakan-gerakannya meski pertandingan masih berjalan.

Rabu nanti, Persebaya akan berlatih kembali di Stadion GBT. Latihan menyongsong Liga 2 akan sering dan terus dilakukan. Tentu saja di bawah asuhan pelatih baru Persebaya, Iwan Setiawan. (izz)