Ini Manfaat Tiket Terusan Bagi Suporter

Iklan

Apa itu tiket terusan? Tiket terusan adalah sarana di mana calon penonton bisa mendapatkan tiket dalam satu musim kompetisi dengan peraturan dan tata cara yang disepakati kedua belah pihak yaitu klub dan calon penerima tiket terusan. Sebenarnya tiket terusan merupakan kata lain dari member resmi yang dikeluarkan klub bersangkutan.

Di Eropa, tiket terusan atau biasa disebut season ticket sudah menjadi hal yang wajib dilakukan klub profesional terutama di Inggris dan berbentuk kartu/card serta dibagi beberapa jenis kelompok umur dan tribun. Jumlah pemegang tiket terusan menjadi faktor kesejahteraan sebuah klub. Semakin banyak peminat tiket terusan semakin berlimpah pula pundi-pundi dollar yang dikumpulkan klub tersebut. Di Indonesia, tiket terusan merupakan hal yang belum dijamah walau sudah ada beberapa klub yang ingin merealisasikan sistem tersebut.

Bisakah Persebaya memakai sistem tiket terusan? Sangat bisa. Tapi manajemen harus siap dengan beberapa hal yang cukup menyita waktu dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Cara menyiasatinya yaitu dengan menggandeng beberapa sponsor sebagai partnership khusus untuk tiket terusan dan data base untuk mengetahui siapa saja yang menjadi member resmi.

Bila benar ada tiket terusan, pasti ada beberapa manfaat yang dimiliki pemilik tiket dan bermanfaat untuk Persebaya.

Iklan

Manfaat bagi pemilik kartu: 

  • Diskon pembelian merchandise di  Persebaya fan shop (wajib ada) atau di fan shop resmi yang ditunjuk manajemen.
  • Asuransi jiwa (wajib ada).
  • Free buletin Persebaya (bila ada).

Sebenarnya masih banyak yang lain bila ingin diulas secara detail. Tetapi ini merupakan awal bagaimana manajemen lebih berkembang dalam hal pendapatan secara tertata. Kita kembali bertanya pada manajemen. Mampukah mewujudkannya?

*) Edi Rangkuti (persebaya***@gmail.com)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display