Persebaya Masuk Buku “1000 Football Clubs” Karya Penulis Prancis

EJ – Persebaya bersama tiga tim Indonesia yakni Persija, Persib, dan Persipura, masuk dalam buku 1000 Football Clubs: Teams, Stadiums, and Legends of the Beautiful Game karya penulis asal Prancis, Jean Damien Lesay. Lesay adalah penulis 30 buku olah raga dan sangat ahli di sepak bola.

Buku karya Lesay pertama kali terbit pada 2016 dan kini telah diterjemahkan dalam beberapa bahasa, salah satunya Italia.

Persebaya merupakan salah satu perwakilan dari Indonesia yang ada di buku ini. Menurut Lesay dalam bukunya, Persebaya berasal dari Jawa Timur, sebuah daerah yang sepak bolanya paling bergairah. Klub ini dihuni pemain lokal dan merupakan pendiri federasi sepak bola Indonesia (PSSI). Persebaya memenangkan sembilan gelar juara termasuk tiga gelar di era profesional.

Persebaya di buku versi bahasa Italia.

Buku ini merupakan panduan klub-klub di seluruh dunia menampilkan 1.000 ilustrasi dan lebih dari 1.000 tim dari 100 negara. Menampilkan ilustrasi yang sangat komprehensif bagi para penggemar dari 1.000 tim sepak bola, baik tim profesional maupun tim amatir dari setiap benua. Buku ini menggambarkan sejarah masing-masing klub dan apa artinya bagi para penggemarnya.

Buku juga memasukkan informasi mendetail dari klub-klub di liga pria dan wanita seperti warna kebesaran, desain jersey, moto, lagu-lagu klub, stadion, pemain legendaris, pelatih, dan kisah kemenangan dan kekalahan paling diingat. Singkatnya, buku ini merupakan panduan dan trivia paling lengkap bagi pendukung fanatik dari sebuah olah raga paling indah ini.

Sayangnya, buku ini belum diterjemahkan dalam versi bahasa Indonesia. Anda bisa membeli buku ini melalui Amazon. (iwe)

BACA:  Imagined Persebaya: Bukan Sekadar Sejarah Sepakbola