Persebaya Pilih Latihan Pagi dan Sekali Sehari

Latihan Persebaya di Lapangan Kodam V Brawijaya. (Foto: Joko Kristiono/EJ)
Iklan

EJ – Banyak klub di Indonesia yang memilih berlatih dua kali, pagi dan sore hari. Namun, Pelatih Persebaya, Iwan Setiawan, memutuskan Persebaya hanya berlatih satu kali dalam sehari. Ia juga memilih pagi sebagi waktu latihan. Mengapa?

Kepada para wartawan seusai uji tanding lawan Persbul Buol di Stadion Gelora Bung Tomo, Iwan mengatakan bahwa ia tidak ingin pemainnya over training akibat beban latihan yang sangat berat dan mengurangi kejenuhan.

“Pemain Indonesia pada umumnya kondisi fisiknya jelek. Sedangkan orang Eropa yang fisik dan vo2max-nya bagus, latihan hanya sekali,” ujar ujar pelatih asal Medan ini.

Menurutnya, pemain yang kondisi fisiknya bagus, pemulihannya juga cepat. Sementara, pemain Indonesia belum cepat pulih, sudah diwajibkan latihan sore. Dan kondisi itu berulang-ulang dilakukan.

Iklan
BACA:  Ribuan Bonek Protes Jadwal Ngawur Liga 2

“Di situ akan over training, overload. Ditambah lagi faktor mental, bisa jenuh. Bagi saya, latihan sekali, yang penting maksimal,” tambahnya.

Saat pegang tim manapun, Iwan selalu meminta para pemainnya latihan sehari sekali. Kecuali jika tim sedang berupaya meningkatkan kondisi fisik pemain. Maka dalam seminggu, sesekali ia akan meminta pemainnya latihan dua kali sehari. Namun saat mendekati kompetisi, latihan hanya dilakukan sekali.

Lantas, mengapa Iwan memilih latihan di pagi hari? Iwan mengatakan jika pagi hari merupakan waktu yang sangat berat buat berlatih. Sedangkan saat ini, timnya sedang berupaya meningkatkan kondisi fisik para pemain.

BACA:  Mengintip Sembilan Pemain Seleksi Persebaya Yang Tidur di Mess Karanggayam

“Kita lagi di awal. Kita kadang-kadang ingin combine dengan peningkatan kondisi fisik. Kemarin Mat Halil KO, Andri nembak sampai muntah. Mengapa pagi? Karena lebih berat. Karena sekarang kita sedang persiapan dan peningkatan fisik pemain, makanya kita coba ambil pagi,” ucapnya.

Namun, Iwan menuturkan jika mendekati kompetisi, ia akan menggeser jadwal latihan menjadi sore hari. Tujuannya agar para pemainnya bisa beradaptasi dengan waktu pertandingan yang biasanya digelar sore hari. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display