Persbul Buol, Klub Sulawesi Yang Diisukan Merger dengan Persema

Para pemain Persbul di Dirgantara Cup 2017. (Foto: instagram Wawan_Goal)

EJ – Persbul Buol akan menantang Persebaya di turnamen Dirgantara Cup, Kamis (2/3) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Persbul merupakan kontestan Liga 2 musim 2017. Namun, mereka diisukan merger dengan klub lain, salah satunya Persema.

Sebelum berkiprah di turnamen ini, Persbul sempat beruji coba dengan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo pada pertengahan Februari. Saat itu, tim berjuluk Laskar Pogogul ini kalah 0-2 dalam tiga babak yang akhirnya terhenti karena hujan lebat. Namun kekalahan itu tak bisa dijadikan ukuran karena sistem pertandingan tidak dilakukan secara normal dan pertandingan berhenti sebelum waktunya.

Tak banyak berita yang bisa digali dari Persbul musim ini. Menyongsong musim 2017, Persbul diisukan merger dengan Persema. Saat di Liga 2 nanti, mereka dikabarkan akan berubah nama menjadi Persema. Manajer Persema Bambang Suryo juga tidak membantah isu tersebut.

“Saya belum bisa berbicara banyak saat ini. Karena semua masih dalam tahap finalisasi. Paling satu atau dua hari ini sudah ada kabar,” kata Bambang seperti dikutip dari Indopos.

Pemain Persbul setelah mengalahkan Cilegon United. (Foto: instagram Persbul_Buol)

Pada musim 2016, Persbul mengikuti Turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) B grup VIII. Di klasemen akhir grup, Persbul gagal melaju ke babak selanjutnya setelah hanya berada di posisi 5 dari 6 tim penghuni grup. Dari sepuluh kali bertanding, Persbul mencatatkan dua kemenangan, tiga seri, dan lima kalah.

Di turnamen Dirgantara Cup ini, Persbul membuat kejutan di laga perdana. Mereka mengalahkan Cilegon United dengan skor tipis 1-0. Padahal persiapan Cilegon di Liga 2 sangat serius. Klub asal Jawa Barat itu merekrut pelatih asal Moldova, Arcan Iurie, pelatih yang pernah menangani tim-tim besar seperti Persib, Persija, Persebaya, dan Semen Padang.

BACA:  PSS Mundur dari Turnamen Dirgantara Cup

Seperti Persebaya, Persbul banyak dihuni para pemain muda. Beberapa pemain asal klub internal Persebaya ikut memperkuat Persbul. Ada nama mantan pemain Pra PON Jatim yang sebelumnya sempat melakukan seleksi di Persebaya yakni Obeth Choiri. Ada juga Bagus Prasetya Himawan, mantan pemain Persepam MU yang pernah bermain di kompetisi ISL U-21. Banyaknya pemain muda di skuad Persbul akan memberi tantangan tersendiri seperti saat melawan PSN.

Saat ini, Persbul menjalani pemusatan latihan di Jawa. Karenanya, mereka menjadi satu-satunya klub asal luar Jawa yang bergabung sebagai peserta turnamen. (iwe)

Pemain Persbul Buol:
Muhamad Irfan (GK), Jefri Alfons Arsyad, Fadel Alhadar, Sarman R. Ladoe, Rosman Umar, Obeth Choiri, Fadli R. Batalipu, Gresianto Pratama, Bambang Irawan, Andri As Riuh, Bagus Prasetya Himawan, Cipto Bedu (GK), Erik Vaisal, Erwin Aji, Erigid Ishariansyah, Andi Swardi Rifai, Awan Mahendra, Riki Hamsyah.

Pelatih: Jufri Bakri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here