Persebaya vs Cilegon United: Lakukan Rotasi, Tetap Kejar Kemenangan

Miswar Saputra. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

EJ – Persebaya memang memuncaki klasemen grup dengan raihan 6 poin dari dua kemenangan. Klub berjuluk Green Force ini juga paling berpeluang lolos ke babak semifinal. Mereka hanya butuh seri lawan Cilegon United FC di pertandingan terakhir Grup B yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/3).

Namun, kemenangan atas klub asal Banten ini akan membuat performa Persebaya lebih impresif. Dalam tiga kali uji coba dan dua kali pertandingan turnamen, Persebaya selalu mencatat kemenangan. Karena itu, kemenangan itu akan membuat rekor tidak terputus dan membuat kepercayaan diri para pemain tetap terjaga.

Meski mengejar kemenangan, Persebaya harus hati-hati karena beberapa pilarnya telah mengantongi kartu kuning, terutama di barisan belakang dan tengah. Tercatat, pemain sektor belakang seperti Dimas Galih, Mat Halil, dan Abdul Azis mendapat kartu kuning. Di barisan tengah, Sidik Saimima, Oktavianus Fernando, Abu Rizal Rodeg, dan Irfan Jaya mengantongi kartu kuning. Jika mereka terkena kartu kuning lagi pada pertandingan ini, otomatis mereka akan absen jika Persebaya bertanding di semifinal.

Mengantisipasi hal itu, Pelatih Persebaya, Iwan Setiawan memberi sinyal melakukan rotasi pemain. Selain menghindari beberapa pemain mendapat kartu kuning, langkah itu untuk memberi kesempatan para pemain yang belum pernah tampil.

Menurut Iwan, kebijakan melakukan rotasi itu sangat masuk akal. “Bagaimanapun semifinal memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi,” ujar Iwan seperti dikutip dari Jawa Pos.

Rachmat Affandi kemungkinan akan diturunkan dari menit awal. Begitu pula Rendi Irwan dan Mat Halil. Kiper Marwal Saputra juga akan diturunkan menggantikan Dimas Galih yang mengantongi satu kartu kuning dan cedera di paha.

BACA:  Persebaya vs Persibo: Green Force Turunkan Formasi Terbaik

Sementara itu, Cilegon masih berpeluang lolos ke semifinal dan menjuarai grup B. Syaratnya, mereka harus mengalahkan Persebaya dengan margin lebih dari tiga gol. Penampilan Cilegon mengalami peningkatan. Setelah kalah pada pertandingan pertama melawan Persbul, klub yang diarsiteki Arcan Iurie ini mengalahkan PSN Ngada dengan skor tipis 1-0. Sama dengan Persbul, Cilegon mengumpulkan tiga pon.

“Kami akan terus kejar sekecil apapun peluangnya. Melawan Persebaya adalah tantangan berat yang harus bisa kami atasi,” ujar asisten pelatih Cilegon, Marwal Iskandar.

Kick off pertandingan antara Persebaya melawan Cilegon United akan dimulai pukul 18.30 WIB. Diperkirakan, jumlah Bonek yang akan menonton pertandingan ini akan lebih banyak karena digelar saat akhir pekan. (iwe)