Persebaya Lolos Final, Jumpa Cilegon United Lagi

Selebrasi gol Rachmat Affandi. (Foto: Ervan Tria/EJ)

EJ – Persebaya berkesempatan membalaskan dendamnya kepada Cilegon United, setelah pada pertandingan semifinal mengalahkan Persibo 3-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin malam (6/3). Pada pertandingan ini, Persebaya bermain impresif dengan organisasi permainan yang apik dan rapi.

Pelatih Persebaya, Iwan Setiawan, menurunkan formasi terbaiknya, dengan Rachmat Affandi sebagai ujung tombak. Rendi Irwan memimpin di tengah dan Mat Halil di belakang. Dimas Galih juga turun sebagai starter.

Sejak menit awal, Persebaya langsung menyerang hingga kotak penalti Persibo. Namun serangan itu tidak berbuah hasil. Persebaya mendominasi pertandingan dengan beberapa kali melancarkan serangan berbahaya. Salah satunya menit ke-21 kemelut di gawang Persibo tak bisa dimanfaatkan pemain Persebaya.

Menit 23, umpan terobosan Rendi Irwan mampu dimanfaatkan Rachmat Affandi dengan tendangan pelannya yang mampu menembus gawang Persibo yang dijaga Khusnul Khuluq. 1-0 untuk Persebaya.

Unggul satu gol, Persebaya tetap meningkatkan serangan. Pemain belakang Abdul Azis ikut membantu penyerangan. Beberapa kali umpan apiknya bias dikirim ke kotak penalti Persibo. Sayangnya belum berbuah hasil.

Persibo bukannya tanpa perlawanan. Serangan balik mereka terkadang membahayakan pertahanan Persebaya. Namun, duet palang pertahanan Andri Muliadi dan M Syaifuddin masih terlalu tangguh buat penyerang-penyerang Persibo.

Bijahil Chalwa membuktikan diri sebagai pemain berbahaya Persibo. Beberapa kali peluang ia dapat. Namun penyelesaiannya yang buruk tak mengubah keadaan.

Satu menit jelang babak pertama berakhir, Rachmat Affandi menggandakan keunggulan Persebaya menjadi 2-0. Tendangan datarnya mampu menjebol gawang Khusnul untuk yang kedua kali. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persibo berusaha mengejar ketinggalan. Sebuah peluang emas didapat setelah tendangan Bijahil mampu diblok Dimas Galih dan memantul setelah terkena tiang. M Arif yang menyambut bola gagal menemui hasil. Tendangannya melambung jauh di atas mistar.

BACA:  Presiden Klub Persebaya Nonton Langsung Laga Perdana

Serangan yang dikoordinir Rendi mampu menembus pertahanan Persibo. Berulangkali peluang emas didapat Persebaya. Rachmat Affandi membuktikan dirinya pantas sebagai man of the match. Peluang demi peluang ia dapat yang sayangnya belum berhasil berbuah gol.

Persibo masih mencoba beberapa kali serangan yang bisa dimentahkan bahkan sebelum masuk barisan pertahanan. Persibo sempat mencetak gol di menit 77 lewat tandukan Bijahil. Sayangnya, asisten wasit telah mengangkat bendera offside.

Selain Rachmat Affandi, Rendi Irwan berulang kali mendapat peluang emas. Menit 80, Rendi yang tinggal berhadapan dengan kiper tendangannya masih gagal.

Di menit 90, Oktavianus Fernando menutup kemenangan Persebaya dengan gol cantiknya. Skor 3-0 bertahan hingga peluit wasit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Dengan hasil ini, Persebaya akan berhadapan dengan Cilegon yang pada partai pertama mengalahkan PSMP dengan skor 2-1. Pertandingan melawan Cilegon di final merupakan pertandingan ulangan setelah Persebaya dikalahkan lewat dua gol Jalwandi. Partai puncak turnamen akan digelar Rabu (8/3) mulai pukul 18.30 WIB. (iwe)

Hasil Semifinal:

Senin, 6 Maret 2017
PSMP vs Cilegon United 1-2
Persebaya vs Persibo 3-0

  • Moh Arif Riyanto

    Semoga persebaya di partai final piala dirgantara cup tidak meremeh.kan cilegon united, tetap semangat persebaya.ku berjuang sekuat tenaga biar km juara piala dirgantara cup th 2017 terima kasih

  • Moh Arif Riyanto

    Hidup persebaya tetap semangat jangan menyerah hajar lawan.mu cilegon united, semoga rahmat afandi dkk sukses membawa persebaya juara piala dirgantara cup th 2017