Soal Tambahan Pemain, Manajemen Masih Menunggu Regulasi

Direktur Tim Persebaya, Candra Wahyudi (dua dari kanan) di bangku cadangan Persebaya di Stadion Jatidiri Semarang. (Foto: Ervan Tria/EJ)

EJ – Selain jadwal liga yang belum menentu, kendala lain yang harus dihadapi manajemen Persebaya adalah regulasi usia pemain yang diwacanakan oleh PSSI.

Beberapa hari terakhir sempat muncul wacana baru bahwa di Liga 2 tahun 2017 akan diberlakukan pembatasan usia, dimana klub-klub di Liga 2 hanya diperbolehkan mengontrak 5 pemain di atas usia 30 tahun. Sedangkan pemain di atas usia 30 tahun yang diperkenankan main dalam satu pertandingan dibatasi menjadi 3 pemain saja.

Wacana pemberlakuan batasan usia pemain di Liga 2 tentu membuat klub-klub, termasuk Persebaya harus memutar otak untuk memenuhi aturan tersebut. Pasalnya, Persebaya sendiri sudah terlanjur mengontrak beberapa pemain dengan usia di atas 30 tahun.

Belum fix-nya regulasi yang akan diterapkan di Liga 2 tentu sangat berpengaruh pada langkah Persebaya dalam menyusun tim.

Menanggapi wacana diberlakukannya regulasi usia pemain, Direktur Tim Persebaya Candra Wahyudi menyatakan bahwa manajemen masih menunggu kepastian regulasi dari federasi.

“Untuk rencana setelah uji coba melawan PSIS hari ini dan tanggal 19 nanti kami belum ada. Program latihan internal di tim tetap berjalan, tapi untuk uji coba dengan klub lain masih belum dijadwalkan,” ujar Candra yang ditemui EJ sebelum pertandingan PSIS melawan Persebaya di Semarang, Minggu (12/3).

Ketika disinggung soal penambahan materi pemain, Candra menjawab: “Untuk pemain kami dari manajemen menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih. Pelatih pastinya sudah menyiapkan evaluasi. Tapi sekali lagi kami masih tetap harus menunggu kepastian regulasi dulu,”

Senada dengan Candra, Media Officer Persebaya Rocky Maghbal, menambahkan bahwa sembari menunggu kepastian regulasi untuk Liga 2, manajemen dan tim pelatih Persebaya sudah menyiapkan beberapa nama pemain incaran.

BACA:  Songsong Liga 2, Intensitas Latihan Persebaya Terus Ditingkatkan

“Setelah evaluasi di Dirgantara Cup kemarin kami sudah ada beberapa catatan. Dalam minggu-minggu ini mungkin akan diumumkan. Ada pemain yang bisa dibilang sudah matang. Nama pemainnya tunggu saja,” ujar Rocky. (rvn)