Ayo Berantas Calo!

EJ – Calo kembali muncul jelang pertandingan Persebaya melawan PSIS di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (19/3). Menurut laporan, banyak calo yang menjajakan tiketnya di sekitaran Mess Persebaya. Mereka memanfaatkan animo Bonek yang sangat tinggi untuk pertandingan ini. Kabarnya, mereka menjual tiket seharga Rp 35 Ribu menjadi Rp 50 Ribu. Keberadaan mereka sangat meresahkan karena mengambil hak para suporter untuk menyaksikan pertandingan dengan harga normal.

Manajemen sebenarnya sudah mengantisipasi keberadaan calo dengan menjual tiket di stadion dengan harga Rp 50 Ribu. Namun, calo tetaplah calo yang nekat menjual untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tiket. Masalah ini harus segera diselesaikan. Jangan sampai keberadaan mereka semakin merajalela. Manajemen harus bisa tegas dengan orang-orang yang kedapatan menjadi calo. Bisa dengan mem-blacklist nama-nama yang terbukti menjadi calo. Diskon untuk komunitas sebaiknya dihilangkan.

Untuk suporter, sebaiknya menghindari pembelian tiket lewat calo. Membeli tiket lewat calo berpotensi terkena penipuan. Bisa saja tiket tersebut digandakan sehingga tiket tak bisa digunakan lagi untuk masuk stadion. Jika sudah seperti itu, tentu rasa penyesalan yang akan didapat. Mari berantas calo hingga ke akar-akarnya! (*)