Bijahil Dicoba Saat Lawan PSIS, Rachmat Afandi Cedera?

Bijahil Chalwa saat mengikuti seleksi Persebaya. (Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Persebaya terancam tanpa striker andalannya Rachmat Afandi saat menjamu PSIS Semarang pada laga uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (19/3) nanti. Fandi, sapaan akrab Rachmat Afandi, diperkirakan absen karena masih diistirahatkan oleh tim pelatih Persebaya.

Seperti diketahui, Fandi memang tidak bermain kala Persebaya bertandang ke Semarang pada Minggu (12/3) lalu. Menurut pengakuan sang striker, ia mengalami cedera ringan di bagian paha kirinya.

Ketika menghadapi PSIS di Jatidiri, Fandi hanya duduk di bangku cadangan dan sesekali melakukan pemanasan ringan. Tanpa Rachmat Afandi di lini depan saat menjamu PSIS, Minggu nanti, coach Iwan Setiawan berkesempatan mencoba pemain baru Bijahil Chalwa yang sudah bergabung dengan tim sejak Rabu (15/3) kemarin.

Bijahil, yang statusnya masih pemain seleksi, berkesempatan memberikan impresi kepada staf pelatih Persebaya pada laga melawan PSIS. Coach Iwan Setiawan sendiri terpikat dengan performa apik Bijahil saat memperkuat Persibo Bojonegoro di Piala Dirgantara lalu. Di gelaran Piala Dirgantara, Bijahil mampu mencetak 4 gol dan menjadi top scorer turnamen bersama Rachmat Afandi.

“Insya Allah saya akan coba dia sebagai starting waktu uji coba lawan PSIS,” ujar coach Iwan, seperti diwartakan oleh laman Bola.net.

Bijahil Chalwa sendiri bukan sosok asing bagi Iwan Setiawan. Keduanya pernah berkolaborasi di Persela Lamongan, dimana kala itu Iwan Setiawan menjadi pelatih Laskar Joko Tingkir.

Kedatangan Bijahil untuk mengikuti seleksi di Persebaya pun juga atas permintaan langsung coach Iwan. Mantan pelatih Persija dan Persela itu menginginkan pemain depan yang tangguh dalam bola-bola atas. Nah, kriteria itulah yang melekat pada sosok Bijahil Chalwa yang kini berusia 26 tahun.

BACA:  Pekan Depan, Pemain Tanda Tangan Kontrak

“Dia (Bijahil) akan langsung ikut latihan. Kita lihat dulu kemampuannya. Dia punya waktu sampai tanggal 19 untuk unjuk kemampuan,” kata Direktur Tim Persebaya, Candra Wahyudi, seperti dilansir dari laman JawaPos.com. (rvn)