Rachmat Latief Resmi Gabung, Lini Belakang Persebaya Kian Kokoh

Rachmat Latief (tengah) saat penandatanganan kontrak. (Foto: Bimbim/EJ)

EJ – Persebaya terus memperkuat tim guna menghadapi Liga 2 musim 2017. Dua hari jelang laga uji coba melawan PSIS Semarang, Minggu (19/3), Green Force mendapatkan suntikan tenaga baru dalam sosok Rachmat Latief.

Rachmat Latief akan menambah kekuatan Persebaya di lini belakang. Bersama 9 pemain lain, mantan bek Pusamania Borneo FC itu langsung teken kontrak dengan manajemen Persebaya pada Jumat (17/3).

Kehadiran Latief diharapkan akan menambah kokohnya pertahanan Persebaya, yang sudah dihuni oleh pemain-pemain muda seperti Abdul Azis, Andri Muliadi, Muhammad Syaifudin, Rachmat Irianto dan Rachmat Juliandri. Bersama ‘Abah’ Mat Halil, Latief akan menjadi pemain senior di barisan belakang Persebaya.

Rachmat Latief yang memiliki jam terbang tinggi diproyeksikan untuk memimpin lini belakang Persebaya yang dihuni banyak darah muda. Tercatat, Latief pernah membela beberapa klub kasta tertinggi Liga Indonesia, mulai dari PSM Makassar, Persiram Raja Ampat, Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar dan terakhir Pusamania Borneo FC.

Rachmat Latief (kanan) saat mengikuti latihan Persebaya di Stadion GBT. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

Faktor nama besar Persebaya dan Bonek menjadi salah satu alasan mengapa Latief memilih Surabaya sebagai destinasi karier sepakbolanya.

“Sudah dari dulu saya ingin gabung di sini (Persebaya). Tidak meski saat ini Persebaya main di Liga 2,” ucap Latief, seperti dikutip dari laman JawaPos.com.

“Setiap pertandingan didukung oleh puluhan ribu suporter tentunya menjadi sensasi tersendiri bagi saya,” imbuh pemain kelahiran Makassar, 27 September 1988 tersebut.

Memiliki postur tubuh setinggi 184 cm, Latief tentunya unggul dalam bola-bola atas. Bergabungnya pemain yang identik dengan nomor punggung 88 itu menjadi jawaban atas permintaan coach Iwan Setiawan yang menginginkan bek tengah berpengalaman dan tangguh dalam perebutan bola udara.

BACA:  Irsandi Zulmi, Mantan Pemain Bhayangkara United Yang Perkuat Persebaya

Di Persebaya, Latief kemungkinan akan diduetkan dengan M. Syaifudin atau Andri Muliadi di tim utama. Sementara dua center back muda Rachmat Juliandri dan Rachmat Irianto akan menjadi pelapis.

Ketika ditanya targetnya untuk Persebaya, Latief menegaskan bahwa ia ingin membawa Bajul Ijo kembali ke kompetisi teratas Indonesia.

“Saya ingin Persebaya lolos Liga 1,” ujar Latief saat ditemui EJ usai penandatanganan kontrak dengan Persebaya di Graha Pena, Jumat (17/3). (rvn)

DATA DIRI RACHMAT LATIEF

Nama Lengkap: Rachmat Latief
Tempat, Tanggal Lahir: Makassar, 27 September 1988 (Usia 28 tahun)
Kebangsaan: Indonesia
Tinggi Badan: 184 cm
Berat Badan: 79 Kg
Posisi: Bek Tengah

Karier Klub:

Karier Junior
2000-2005 Makassar Footbal School
2006          Persib Bandung

Karier Senior
2007-2009 PSM Makassar
2009-2010 Persiram Raja Ampat
2010-2011 Sriwijaya FC
2011-2012 Persiba Balikpapan
2012-2013 Mitra Kukar
2014          PSM Makassar
2014          Pusamania Borneo FC

Karier Timnas
2007          Indonesia U-19 (4 caps)
2009          Indonesia U-23 (4 caps)
2009          Indonesia (Timnas Senior, 1 caps)

Facebook Comments