Maksimal Usia 35 Tahun, Selamat Tinggal Abah Halil

Mat Halil saat laga melawan PSIS di Stadion GBT. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

EJ – Kekhawatiran bek senior Persebaya Mat Halil soal regulasi pembatasan usia pemain di Liga 2 akhirnya menjadi kenyataan. Dari regulasi yang ditetapkan di manager meeting klub-klub Liga 2, PSSI menetapkan usia maksimal pemain yang boleh mengikuti kompetisi musim 2017 adalah 35 tahun. Ini artinya, pemain berusia di atas 35 tahun dilarang ikut kompetisi, termasuk Mat Halil yang berusia 37 tahun.

Penggemar Persebaya tak akan bisa melihat penampilan Mat Halil di kompetisi resmi. Tentu kerugian besar bagi Persebaya yang membutuhkan pengalaman bermain pemilik klub El Faza ini.

Sebelumnya, Mat Halil mengungkapkan kekhawatirannya menyongsong ditetapkannya regulasi di manager meeting. Ia bahkan menyebut jika laga uji coba melawan PSIS di Stadion Gelora Bung Tomo, adalah laga terakhirnya.

“Kalau itu (regulasi maksimal usia 30 tahun, Red) disetujui, berarti Homecoming Game (19/3) adalah pertandingan terakhir saya bersama Persebaya dengan dukungan penuh dari suporter,” ujar Mat Halil seperti dikutip dari Jawa Pos.

Nasib berbeda dialami Rachmat Afandi. Regulasi tidak melarangnya mengikuti kompetisi. Fandi masih berusia 32 tahun. Ia akan menjadi satu di antara lima pemain di atas usia 25 tahun yang diperbolehkan menghuni skuad peserta Liga 2. Setelah regulasi keluar, saat ini Persebaya dihuni tiga pemain. Mereka adalah Rachmat Afandi (32 tahun), Rendi Irwan (29), dan Rachmat Latief (26).

Belum ada pernyataan resmi dari manajemen Persebaya. Mat Halil termasuk dalam 21 pemain yang telah dikontrak untuk musim 2017. Pelatih Persebaya, Iwan Setiawan, tentu harus berputar otak mencarikan pemain pengganti dengan kualitas yang setidaknya sama dengan Mat Halil. (iwe)

Facebook Comments
BACA:  Muhammad Hidayat Optimis Persebaya Bisa Kalahkan Madiun Putra