Meski Diperkuat Semua Pemain Asingnya, Persegres GU Takluk di Tangan Persebaya

Starter Persebaya saat melawan Persegres GU. (Foto: Bimbim/EJ)

EJ – Modal berharga didapat Persebaya jelang Liga 2. Dalam pertandingan yang berlangsung keras dan cepat, Persebaya berhasil mengalahkan salah satu klub Liga 1, Persegres Gresik United (GU) dengan skor tipis 1-0 (1-0). Laga digelar secara tertutup di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (6/4).

Pelatih Persegres Hanafi terlihat mengawasi jalannya pertandingan dari tribun VIP sepanjang dua babak. Ia membawa HT dan sesekali memberi instruksi kepada asistennya yang ditugaskan berada di bench.

Persebaya menurunkan hampir semua pemain intinya sejak awal babak. Anak asuhan Iwan Setiawan ini, cukup kesulitan menembus pertahanan lawan di babak pertama. Kuartet belakang Abdul Azis, Andri Muliadi, Rahmat Latief, dan M Syaifudin bekerja keras membentengi gawang yang dijaga Dimas Galih dari serangan Persegres.

Pemain Persegres GU menyalami pemain Persebaya. Tampak Goran Gancev yang diturunkan sebagai starter. (Foto: Bimbim/EJ)

Persegres yang diperkuat pemain asing Goran Gancev memang memberi perlawanan dan ancaman yang berarti bagi Persebaya. Selain Gancev, Laskar Joko Samudro juga diperkuat pemain asing asal Korsel dan Brazil yakni Choi Hyun Yeon dan Patrick Da Silva.

Beberapa kali, Persegres mendapat peluang emas. Striker mereka, Abdul “Abanda” Rahman mempunyai kesempatan emas yang hamper berbuah gol. Di antaranya dua tendangan dalam kotak penalti yang masih melambung di atas mistar.

Di tengah gempuran lawan, pada menit ke-43, Misbakhul Solikin berhasil mencuri gol. Kerjasama satu dua Oktavianus Fernando dan Rendi Irwan menghasilkan umpan tusukan yang bisa dimanfaatkan Solikin. Tendangan Solikin dari jarak dekat gagal diantisipasi kiper Persegres Fitrul Dwi Rustapa. Persebaya unggul 1-0 sampai babak pertama berakhir.

Pada babak pertama ini, Oktavianus dan Dimas Galih mendapatkan kartu kuning.

BACA:  Persebaya Jajal PSIS Kandang dan Tandang

Di babak kedua, Iwan Setiawan melakukan beberapa pergantian. Kurniawan Karman dan Muhammad Hidayat masuk menggantikan Siswanto dan Sidik Saimima. Disusul Solikin diganti Abu Rizal Maulana , Andri Muliadi digantikan Rachmad Irianto. Terakhir Rendi Irwan keluar masuk Ridwan Awaludin.

Dua peluang emas Irfan Jaya tidak bisa menghasilkan gol. Salah satunya pada menit akhir. Akselerasi Irfan dari tengah lapangan mampu melewati dua pemain Persegres hingga berhadapan dengan Aji Saka. Sayangnya tendangannya mampu ditepis Aji. Sampai peluit akhir kedudukan tetap 1-0 untuk Persebaya.

Kemenangan Persebaya melawan klub high level menjadi modal yang penting bagi Green Force. “Modal berharga buat anak-anak. Namun saya mengingatkan semua pemain agar tetap low profile dan humble,” ujar Iwan seusai pertandingan.

Persebaya bernencana mengadakan uji coba dengan klub berkategori low level. Klub internal akan Iwan bidik untuk menjadi lawan berikutnya. (bim)

Starter Persebaya:

Dimas Galih, M Syaifuddin, Rachmat Latief, Andri Muliadi, Abdul Azis, Sidik Saimima, Misbakhul Solikin, Siswanto, Rendi Irwan, Oktavianus Fernando, Irfan Jaya.