Cerita Rian Soal Timnas dan Ujian Nasional

Rachmat Irianto diwawancarai wartawan. (Foto: Iwan Iwe/EJ)

EJ – Rian, panggilan akrab Rachmat Irianto, mendapat dispensasi dari Indra Sjafri untuk mengikuti Ujian Nasional (Unas) yang akan di mulai pada Senin 10 April sampai Kamis 14 April mendatang. Dispensasi tersebut juga dimanfaatkan Rian untuk mengikuti uji coba Persebaya melawan Persegres Gresik United, Kamis (6/4) kemarin.

Pada uji coba yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo tersebut, Rian masih dipercaya untuk tampil oleh coach Iwan Setiawan di babak kedua menggantikan Andri Muliadi. Rian sendiri mengaku mendapat banyak pelajaran saat bersama Timnas U-19 asuhan coach Indra Sjafri. “Pulang dari Timnas banyak pengalamannya dan juga untuk belajar,” ujar Rian setelah pertandingan melawan Persegres.

Sampai saat ini proses seleksi Timnas U-19 sendiri masih berlangsung di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur. Disinggung mengenai kapan balik lagi ke seleksi Timnas U-19, Rian mengaku masih belum tahu. “Kalau pemanggilan belum tahu lagi, soalnya tunggu kabar dulu,” jelas pemilik nomor punggung 13 di Persebaya ini.

Persaingan di Timnas U-19 sendiri memang sangat kompetitif. Indra Sjafri sendiri memanggil 17 pemain muda yang bermain di luar negeri untuk mengikuti seleksi, dan sampai saat ini sudah 14 pemain yang ikut bergabung dalam proses seleksi.

Mengenai peluang Rian lolos seleksi Timnas U-19 masih fifty-fifty. “Persaingan pasti ketat, karena di sana anaknya potensi semua. Jadi saya harus bekerja lebih keras lagi disana,” ungkap putra Bejo Sugiantoro ini.

Rian akan mengikuti Unas mulai minggu depan. Untuk sekarang fokus Rian lebih kepada Unas yang akan dihadapinya. “Sudah siap menghadapi ujian fokus ujian dulu. Belajar lebih dirumah, ada les tambahan juga,” tutur Siswa SMA Negeri 10 Surabaya ini.

BACA:  Rian Jalani Ujian Nasional Hari Ini

Pemikiran yang harus terpecah antara seleksi Timnas U-19, Persebaya Surabaya, dan Unas memang membuat Rian sendiri harus pintar-pintar untuk membagi waktunya. Agar semua bisa dilakukannya dengan baik tanpa harus mengorbankan salah satunya. (ryn)