Wajib Menang, Persebaya Dilarang Seri atau Kalah

EJ – Genderang Liga 2 resmi ditabuh Kamis (20/4) ini. Madiun Putra FC akan menjadi ujian pertama Persebaya di laga pembuka Grup 5 Liga 2 musim 2017. Bermain di kandang sendiri, Stadion Gelora Bung Tomo, plus mendapat dukungan langsung puluhan ribu Bonek, maka misi kemenangan pastinya wajib diusung Bajul Ijo.

Jelang laga menjamu Madiun Putra, Persebaya tengah dalam kondisi tidak ideal. Rachmat Afandi yang masih dibekap cedera lutut kiri dipastikan absen pada laga ini karena belum 100 persen pulih. Tanpa Fandi dalam beberapa uji coba terakhir sebelum liga dimulai, lini depan Persebaya seperti kehilangan daya gedor.

Selain Fandi, pemain lain yang dipastikan absen pada laga pambuka Liga 2 kali ini adalah Rachmat Irianto yang harus mengikuti pelatnas jangka panjang timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Hilangnya Fandi dan Rian memang sedikit banyak akan mengurangi kekuatan Persebaya. Meki begitu, Iwan Setiawan selaku arsitek Green Force sudah menemukan solusi guna menambal absennya Rachmat Afandi dan Rachmat Irianto.

Meski harus kehilangan Rachmat Afandi dan Rachmat Irianto, namun Persebaya tengah dalam tren positif jelang berhadapan dengan Madiun Putra. Dalam tiga uji coba terakhir sebelum liga, Persebaya selalu meraih kemenangan, dengan rincian menang atas PSIS 1-0, kemudian melumat Persigo Semeru FC 3-1, dan terakhir mengalahkan tim Liga 1 Persegres Gresik United dengan skor 1-0. Jika ditambah dengan hasil uji coba melawan klub internal, Persebaya pun juga selalu menang.

Tren positif yang sedang dialami Persebaya inilah yang menjadi bekal bagi Rendi Irwan cs. kala menjamu Madiun Putra. Masih absennya Rachmat Afandi bisa ditutup oleh Irfan Jaya yang bermain bagus saat ditempatkan sebagai ujung tombak. Apalagi, Green Force juga mendapat suntikan tenaga baru lewat kehadiran Kurniawan Karman dan Muhammad Hidayat. Striker gres Yogi Novrian pun juga sudah bisa diturunkan pada laga melawan Madiun Putra.

BACA:  Persebaya vs Persepam MU: Mencari Kemenangan Perdana

Menghadapi Madiun Putra di laga perdana Liga 2 grup 5, Iwan Setiawan diprediksi akan menurunkan skuad terbaiknya pada laga nanti. Kuartet Abdul Azis, Rachmat Latief, Andri Muliadi dan M. Syaifudin akan menjadi pengisi pos lini belakang Persebaya, di depan kiper Dimas Galih. Kemudian di lini tengah, duet paten Sidik Saimima dan Misbakhus Solikin akan menjadi motor permainan Persebaya. Sedangkan lini serang Green Force akan dipimpin oleh Rendi Irwan, dibantu Oktavianus Fernando dan Thaufan Hidayat yang menempati posisi sayap. Sebagai tukang gedor lini depan, Irfan Jaya kemungkinan besar akan diturunkan sejak menit pertama.

Di pertandingan besok, Persebaya memasang target poin penuh untuk mempermudah langkah di pertandingan-pertandingan berikutnya. Kemenangan atas Madiun Putra tentunya akan menjadi awal yang baik, mengingat di laga-laga berikutnya skuad Green Force akan menghadapi pertandingan tandang dengan lawan-lawan yang cukup berat. (rvn)

Prakiraan Susuanan Pemain Persebaya vs Madiun Putra

Persebaya (4-2-3-1)

Dimas Galih (GK); Abdul Azis, Rachmat Latief, Andri Muliadi, M. Syaifudin (B); Misbakhus Solikin, Sidik Simima (T); Thaufan Hidayat, Rendi Irwan, Oktavianus Fernando (T); Irfan Jaya

Madiun Putra (4-4-2)

M. Ricky (GK); Dwi Safaat, Slamet Harmoko, Ambite Dolus Cahyana, Ari Ardianto (B); Rizal, Asmar Abu, M. Nur Cholis, Mahardika (T); Purniawan, Felix Randongkir (D)

Facebook Comments