Martapura FC vs Persebaya: Menang atau Makin Tertinggal

Rendi Irwan saat melawan Madiun Putra. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

EJ – Lanjutan pekan kedua Liga 2 di Grup 5 akan berlangsung Minggu (30/4) ini. Tuan rumah Martapura FC akan menjamu tamunya, Persebaya Surabaya. Kedua tim tengah dalam misi membidik kemenangan pertama setelah sebelumnya memperoleh hasil tidak maksimal di pekan pertama. Persebaya ditahan imbang oleh Madiun Putra, sedangkan Martapura FC harus kalah saat melawat ke kandang PSIM Yogyakarta.

Hasil buruk di pekan pertama tentu akan menambah motivasi bagi tuan rumah dan sang tamu untuk tampil lebih baik di Stadion Demang Lehman, Martapura. Bermain di kandang sendiri, Martapura FC jelas akan tampil habis-habisan untuk membayar kekalahan di Jogja. Apalagi, sang tamu tengah dalam kondisi timpang lantaran badai cedera yang menghampiri skuad Persebaya. Meski dihantam badai cedera hampir di semua lini, namun Persebaya bukan tanpa target di Martapura.

Penampilan buruk pada pertandingan pertama membuat Iwan Setiawan, pelatih Persebaya, mendapat kritikan pedas dari Bonek, pendukung setia Bajul Ijo. Iwan pun berniat membayar penampilan buruk anak asuhnya kala diimbangi Madiun Putra pekan lalu. Namun misi Persebaya mencuri poin di kandang Martapura FC menemui jalan terjal karena pemain-pemain utamanya tumbang akibat cedera. Rachmat Afandi, Yogi Novrian, Okatfianus Fernando, Thaufan Hidayat hingga Dimas Galih harus absen pada laga sore nanti.

Menanti Perubahan Taktik Iwan Setiawan

Ketika ditahan imbang Madiun Putra di Stadion Gelora Bung Tomo pekan lalu, pemain-pemain Persebaya dibuat frustasi oleh pertahanan rapat lawan. Sempat tertinggal oleh gol Madiun Putra di awal babak pertama, Persebaya yang di sepanjang laga menerapkan strategi defence counter tak bisa menambah gol setelah menyamakan skor menjadi 1-1. Menghadapi Martapura FC yang akan bermain di kandang sendiri, tentunya Iwan Setiawan harus berfikir dua kali jika tetap ingin mengaplikasikan strategi defence counter yang tak ubahnya hanya mengandalkan serangan balik yang sifatnya sporadis.

Masalahnya, skuad Persebaya yang berangkat ke Martapura bisa dibilang sangat tidak ideal. Iwan tak bisa memainkan kiper Dimas Galih akibat terserang tifus. Pun demikian dengan Oktafianus Fernando dan Thaufan Hidayat yang tidak fit 100 persen untuk laga away ke Martapura. Striker anyar, Yogi Novrian juga harus berurusan dengan meja perawatan usai menderita cedera engkel pasca menghadapi Madiun Putra.

Tanpa Yogi dan Rachmat Afandi, stok penyerang Persebaya yang tersisa hanyalah Irfan Jaya. Meski masih memiliki masalah dengan kualitas finishing, namun Irfan yang memiliki kecepatan dan daya jelajah tinggi di kotak penalti lawan bisa sangat berguna untuk membongkar pertahanan Martapura FC. Irfan akan mendapat dukungan dari Rendi Irwan dan Kurniawan Karman dari lini kedua. Namun sayangnya, lini tengah Persebaya sedikit pincang karena absennya Oktafianus Fernando.

BACA:  Players to Watch: Kurniawan Karman dan Qischil Gandrum

Hilangnya Oktafianus memang akan mempengaruhi daya sengat Persebaya di sayap kiri. Sebagai pengganti, nama Siswanto bisa dikedepankan untuk mengisi pos sayap kiri. Sedangkan untuk lini belakang, praktis hanya posisi kiper saja yang akan terjadi pergantian, dimana Miswar Syahputra akan menggantikan Dimas Galih. Selebihnya, komposisi empat bek Persebaya diprediksi akan tetap diisi oleh kuartet M. Syaifudin, Rachmat Latief, Andri Muliadi dan Abdul Azis.

Jika berkaca pada laga pertama Martapura FC saat bertandang ke kandang PSIM Jogja, klub asuhan Frans Sinatra Huwae itu memiliki kelemahan di sektor sayap. Dari tiga gol yang bersarang ke gawang Martapura, semuanya berasal dari serangan sayap PSIM. PSIM pun berhasil mengeksploitasi buruknya koordinasi lini belakang Martapura. Celah inilah yang bisa dimanfaatkan oleh Rendi Irwan cs.

Menghadapi tuan rumah yang juga sedang mengejar kemenangan, Persebaya dituntut untuk bisa beradaptasi dengan strategi lawan. Hanya mengandalkan taktik defence counter guna menghadapi Martapura FC pastinya akan sangat riskan. Pola serangan sayap yang variatif bisa diterapkan Iwan Setiawan pada laga ini. Kurniawan dan Siswanto bisa dimaksimalkan untuk mencecar sektor full-back Martapura FC yang ditempati oleh Fahreza Agamal dan Haris Hardiansyah. Apalagi, kedua full-back Martapura FC tersebut kerap terlalu agresif naik membantu serangan.

Mau tidak mau, Persebaya harus tampil all out pada pertandingan ini. Meski tengah dihantam badai cedera yang mengurangi kekuatan tim, namun pastinya hal tersebut tak bisa dijadikan alasan untuk tampil loyo. Kemenangan, atau minimal mencuri satu poin di kandang Martapura FC akan sangat berguna untuk menjaga jarak dengan pemuncak klasemen sementara Grup 5 yang saat ini ditempati oleh Madiun Putra. Selain itu, kemenangan memang wajib dikejar oleh Persebaya untuk menebus hasil buruk di kandang sendiri pekan lalu. (rvn)

Perkiraan Pemain Persebaya:

(4-2-3-1): Miswar Syahputra (GK), M Syaifuddin, Andri Muliadi, Rachmat Latief, Abdul Azis, Sidik Saimima, Misbakhus Solikin, Kurniawan Karman, Rendi Irwan, Siswanto, Irfan Jaya.

Facebook Comments