Berawal Kecintaan Persebaya Sejak Kecil, “Toko Badjoe Doea Toedjoeh” Lahir

Interior TB27.

EJ – Kintoko Adjie mungkin tidak membayangkan jika kecintaannya kepada Persebaya sejak kecil akan menghasilkan sebuah toko yang menjual merchandise Persebaya dan Bonek. Namun faktanya memang demikian. Bonek asal Madiun ini akhirnya mampu membangun sebuah toko di Surabaya. Bagaimana ceritanya?

***

Toko Badjoe Doea Toedjoeh (TB27) nama toko yang dipilih Cak Kin. Meski bernama toko, awalnya TB27 belum berupa toko, namun menjual merchandise Persebaya secara online dan dari mulut ke mulut.

TB27 lahir setelah event Battle of Heroes di ulang tahun Persebaya Surabaya ke-88 pada 2015. Kala itu, Persebaya tengah dimatikan PSSI. Laga itu mempertemukan Persebaya melawan Andik and Friends dimana suasana perlawanan begitu terasa. Semangat untuk menghidupkan Persebaya biarpun tidak berlaga terasa sangat kental.

Nama TB27 dipilih karena kecintaan Cak Kin akan suasana tempo dulu yang sangat kental dengan nuansa perlawanan arek-arek Suroboyo.

Seperti halnya penjual merchandise jaman perlawanan, awalnya TB27 memilih berjualan online dan melayani COD lewat reseller yang ditunjuk di Surabaya. Konsep yang diambil adalah bagaimana membuat kaos bertemakan Persebaya yang bisa dipakai dalam kegiatan sehari-hari tanpa harus menunggu Persebaya berlaga.

“Alhamdulillah, walaupun awalnya agak susah diterima komunitas Bonek karena desain yang beda, sekarang kehadiran TB27 sudah mulai mendapatkan tempat di komunitas Bonek,” ujar Cak Kin kepada EJ.

TB27 tampak luar.
Interior Waroeng Tjangkroek Soerabaja.

Dua tahun berselang, Cak Kin memberanikan diri membuka toko offline. Alumnus Elektro ITS ini pun bekerja sama dengan Waroeng Tjangkroek Soerabaja, dan mendirikan toko bertempat di Jl. Genteng Besar No.102 Surabaya. Toko ini akan dibuka mulai 10 Juni 2017.

BACA:  Penggalangan Dana untuk Bonek Yang Tewas Kecelakaan

Dengan kehadiran TB27 di kota tempat Persebaya lahir, Cak Kin berharap bisa menambah keragaman merchandise Persebaya tanpa ada saling bajak desain satu sama lain. “Dan semoga ada titik temu dengan manajemen untuk bisa ikut berkontribusi menghidupi Persebaya lewat penjualan merchandise,” imbuhnya.

Cak Kin juga mengundang Bonek dan pecinta Persebaya untuk datang ke acara pembukaan TB27. “Monggo silahkan merapat tanggal 10 Juni ke Genteng Besar 102 dan dapatkan diskon khusus untuk setiap pembelian merchandise dari TB27,” pungkas Cak Kin. (iwe)

Interior TB27.
Interior TB27.