Persebaya vs Persatu: Saatnya Menuju Puncak!

Para pemain Persebaya merayakan gol ke gawang Persik. Foto: Joko Kristiono/EJ.

EJ – Persatu Tuban akan menjadi ujian pertama bagi Persebaya di bawah nakhoda pelatih baru, Angel Alfredo Vera. Menjamu Laskar Ronggolawe di kandang sendiri, Persebaya wajib meraih poin penuh agar tidak semakin tercecer di papan bawah klasemen sementara Liga 2 Grup 5. Namun misi Green Force untuk meraup tiga poin bukanlah perkara mudah karena Persatu saat ini sedang on fire. Anak asuh Edy Sudiarto itu kini bertengger di puncak klasemen sementara Grup 5 dengan koleksi 8 poin.

Persebaya sendiri tengah dalam periode transisi pasca pergantian pelatih dari Iwan Setiawan ke Alfredo Vera. Sempat terseok-seok di awal kompetisi, Persebaya mampu perlahan-lahan bangkit setelah sukses melumat Persepam MU dan menahan imbang PSIM Jogja. Meski belum menemukan bentuk permainan terbaik, namun Rendi Irwan dkk. terlihat sudah mulai menunjukkan peningkatan performa. Sukses meraup empat poin dalam dua laga terakhir, Persebaya pun ingin melanjutkan tren positif dengan kemenangan atas Persatu Tuban.

Di kubu tuan rumah, pusat perhatian tentunya akan tertuju pada sosok Alfredo Vera. Kiprah pelatih asal Argentina itu sudah dinanti-nanti pendukung setia Persebaya. Berbekal track record ciamik kala menangani Persipura Jayapura, Alfredo kini menghadapi tantangan besar bersama Persebaya. Alfredo pun sudah mendapatkan waktu sekitar satu bulan untuk melihat kemampuan pemain-pemain Persebaya. Laga kontra Persatu pada tengah pekan ini pun akan menjadi ajang pembuktian tangan dingin Alfredo Vera.

Selama kurang lebih sebulan menangani Persebaya, Alfredo memuji para pemain yang terus menunjukkan progress permainan. Namun pada laga menjamu Persatu nanti, kekuatan Persebaya akan sedikit berkurang karena ada beberapa pemain yang terancam absen. Winger Thaufan Hidayat masih dalam pemulihan pasca mengalami cedera pada saat pertandingan melawan PSIM. Sedangkan Sidik Saimima diragukan bisa tampil melawan Persatu karena mengalami cedera ringan saat latihan.

Absennya Saimima tentu akan sangat mempengaruhi permainan Persebaya, mengingat ia adalah pilihan pertama di pos gelandang bertahan. Sebagai opsi, Muhammad Hidayat atau Ridwan Awaludin diprediksi akan memulai laga dari menit pertama. Alfredo pun juga masih memiliki youngster Mei Handoko Prasetyo yang diturunkan pada laga uji coba terakhir menghadapi Persik Kediri.

Namun, Persebaya mendapat kabar bagus dengan hadirnya bek Persebaya Rachmat Irianto. Alfredo saat konferensi pers menyatakan akan memainkan putra Bejo Sugiantoro menjadi starter pada pertandingan ini. Rian sejatinya wajib mengikuti TC Timnas U-19 di Bali. Namun Persebaya meminta ijin kepada pelatih Timnas Indra Sjafri agar bisa dimainkan. Indra dan PSSI pun memberi kelonggaran kepadanya untuk membela Green Force.

Sementara itu, sang tamu Persatu Tuban menargetkan untuk mencuri satu poin dalam lawatannya ke kandang Persebaya. Laskar Ronggolawe membutuhkan poin untuk tetap bersaing di papan atas. Menghadapi Persebaya di Gelora Bung Tomo, Persatu pun memboyong tim terbaiknya, termasuk Danu Rosadhe, Crah Angger dan Agung Suprayogi. Motivasi pemain-pemain Persatu untuk tampil sebaik mungkin kala menghadapi Persebaya dipastikan akan meningkat karena manajemen Laskar Ronggolawe diberitakan sudah menyiapkan bonus jika Agung Suprayogi cs. bisa mencuri poin di kandang Persebaya.

BACA:  Dua Pemain Magang Berpeluang Masuk Skuad Persebaya

Laga Persebaya kontra Persatu dipastikan akan sangat menarik. Persatu ingin mempertahankan posisi puncak klasemen Grup 5, sementara Persebaya ingin menang untuk naik ke papan atas. Sebagai tuan rumah, Persebaya wajib memanfaatkan momentum laga kandang untuk meraih poin penuh. Apalagi, rekor away Persatu juga tidak terlalu baik dimana mereka hanya mampu meraih satu poin dari dua laga tandang yang sudah mereka jalani. Peluang Persebaya untuk mengalahkan Persatu juga semakin terbuka karena sang lawan masih memiliki masalah di sektor pertahanan. Dari lima laga yang sudah dijalani, gawang Persatu sudah kebobolan 6 gol, satu gol lebih buruk dari rekor kemasukan gol Persebaya. Celah di lini pertahanan Persatu inilah yang wajib dimanfaatkan secara maksimal oleh Rishadi Fauzi dan kolega.

Kemenangan tentunya menjadi sebuah “harga mati” bagi Persebaya. Sebuah kemenangan lewat performa yang meyakinkan akan meningkatkan kepercayaan diri punggawa Green Force. Jika pada laga menghadapi Persatu nanti Persebaya mampu menang dengan selisih dua gol atau lebih, maka Bajul Ijo berpeluang untuk naik ke puncak klasemen sementara Grup 5. Untuk itu, semua pemain Persebaya wajib untuk menunjukkan permainan terbaiknya pada laga nanti. Ayo Persebaya! Saatnya menang dan menuju puncak! (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Persatu:

Persebaya (4-2-3-1): Dimas Galih (PG); Abu Rizal, M. Syaifudin, Rachmat Irianto, Abdul Azis (B); Muhammad Hidayat, Misbakhus Solikin (T); Kurniawan Karman, Rendi Irwan (C), Oktafianus Fernando (T); Rishadi Fauzi (D).
Pelatih: Alfredo Vera

Persatu (4-4-2): Fajar Setiabudi (PG); Bima Boy Asmara, Panggah, Sulistiono, Yadi Haditiyar (B); Edi Winarno, Danu Rosade (C), Fitra Wildan Ramdani, Rosi Akbar (T); Agung Suprayogi, Yan Helda Ratama (D).
Pelatih: Edy Sudiarto