Persinga vs Persebaya: Pertahankan Puncak Klasemen!

Para pemain merayakan gol ke gawang PSBI. Foto: Ervan Tria/EJ

EJ – Usai mengalahkan PSBI Blitar dan sukses merebut kembali puncak klasemen sementara Grup 5, Persebaya akan melanjutkan “tur maut” di bulan Juli ke kandang Persinga Ngawi. Membawa bekal tiga poin dari Bantul, skuad Bajul Ijo sudah ditunggu penghuni peringkat 6, Persinga. Laskar Ketonggo akan menjamu tamunya Persebaya Surabaya di Stadion Ketonggo, Ngawi, Sabtu (14/7) sore ini.

Persebaya sendiri tengah dalam tren positif pasca jeda Ramadhan lalu. Dua kemenangan beruntun setelah jeda libur Ramadhan kembali mengangkat moral Misbakhus Solikin dkk. Masuknya sosok Angel Alfredo Vera terbukti mampu mengangkat performa punggawa-punggawa Green Force. Pada laga ini pun, Persebaya menargetkan poin penuh untuk mempertahankan posisi puncak klasemen.

“Untuk pertandingan lawan Ngawi yang jelas kita ingin poin maksimal. Kondisi tim saat ini memang sedang positif. Dan semua pemain kini sedang semangat-semangatnya menghadapi pertandingan yang ada. Tapi saya tekankan kepada mereka untuk selalu menjaga fokus dan tidak cepat berpuas diri,” ungkap manajer Persebaya, Chairul Basalamah.

Persebaya memang memiliki modal berharga jelang lawatannya ke Stadion Ketonggo, Ngawi. Raihan total 10 poin dari empat laga terakhir menunjukkan bahwa skuad Bajul Ijo tengah dalam kondisi terbaik. Rendi Irwan cs. kini mulai fasih menjalankan instruksi Alfredo Vera di atas lapangan. Secara perlahan-lahan, pemain-pemain pun mulai menemukan performa terbaiknya.

Meski sedang on fire, kekuatan Persebaya sedikit tereduksi setelah Kurniawan Karman mengalami cedera pada pertandingan kontra PSBI Blitar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (11/7) lalu. Usai laga tersebut, Kurni pun langsung dipulangkan kembali ke Surabaya untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Akibatnya, mantan pemain PSM Makassar itu pun harus absen pada laga versus Persinga. Sedangkan kabar baiknya, Mochammad Irvan yang dikhawatirkan juga harus absen pada pertandingan kontra Persinga terlihat cukup fit dan sudah mengikuti latihan pada Jumat (14/7) pagi kemarin. Selain itu, Abdul Azis yang sebelumnya terkena akumulasi kartu sudah bisa diturunkan pada pertandingan kali ini.

Sementara itu, tuan rumah Persinga juga sedang dalam tren positif jelang menjamu Persebaya. Meski saat ini masih tertahan di peringkat 6 klasemen sementara, namun Andre Oki Sitepu dkk. tak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir. Dalam tiga laga terakhirnya, Persinga sukses meraih lima poin dengan rincian menahan imbang Persatu Tuban dan Madiun Putra serta menang atas tim kuat Martapura FC. Persinga sendiri sangat sulit dikalahkan di kandang mereka sendiri. Terhitung Persatu Tuban pun gagal menang di Stadion Ketonggo. Sedangkan tim kuat Martapura FC harus takluk dengan skor cukup telak, 3-1 di tempat yang sama.

Rapor Persinga yang sangat baik di kandang ini merupakan sinyal kuat agar Persebaya waspada. Minus Kurniawan Karman yang cedera, Alfredo Vera tetap bisa menurunkan komposisi terbaiknya. Irfan Jaya yang tampil baik saat menggantikan Kurni pada laga menghadapi PSBI diprediksi akan menjadi pilihan pertama di posisi sayap kanan. Di sektor tengah, duet Misbakhus Solikin dan Muhammad Hidayat yang semakin padu akan menjadi motor serangan Persebaya. Sedangkan di lini belakang, M. Syaifuddin akan kembali berpasangan dengan Andri Muliadi menggalang pertahanan Green Force.

Poin penuh menjadi target yang realistis bagi Persebaya dalam lawatannya ke Ngawi. Kemenangan akan membuat Persebaya tetap memimpin klasemen sementara Grup 5. Namun punggawa-punggawa Bajul Ijo pantang untuk meremehkan lawan karena sang empunya stadion pastinya juga ingin menang. Oleh karena itu, duel Persinga kontra Persebaya sore nanti diprediksi akan berjalan menarik karena kedua tim sama-sama memburu tiga poin. Konsentrasi tinggi serta kesabaran dalam membongkar tembok pertahanan tuan rumah akan menjadi faktor penting bagi Persebaya jika ingin menang di Stadion Ketonggo. (rvn)

Prakiraan Susunan Pemain Persinga vs Persebaya

Persinga (4-2-3-1): Prillian Syaifour Ridzal (PG); Achmad Soleh, Andre Oki Sitepu, Heri Setiawan, Rachmad Sucipto (B); Muhammad Bagus Yulianto, Harris Adyatama; M. Fatkhur Rossi, Muhammad Zamnur (C), Rosad Setiawan (T); Slamet Hariyadi (D)
Pelatih: M. Hasan

Persebaya (4-2-3-1): Dimas Galih (PG); Abu Rizal Maulana, M. Syaifuddin, Andri Muliadi, Abdul Azis (B); Misbakhus Solikin, Muhammad Hidayat (T); Irfan Jaya, Rendi Irwan (C), Oktafianus Fernando (T); Rishadi Fauzi (D)
Pelatih: Angel Alfredo Vera