Persebaya vs Martapura FC: Saatnya Revans!

Rishadi Fauzi. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Partai big match antara dua klub penghuni papan atas Grup 5 Liga 2017 akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (27/7) malam nanti. Tuan rumah Persebaya Surabaya akan meladeni tamunya dari Pulau Kalimantan, Martapura FC. Pertandingan malam nanti bukanlah pertandingan biasa. Hal ini karena sang tuan rumah mengusung misi balas dendam atas kekalahan dari lawan yang sama pada pertemuan pertama lalu.

Pada pertemuan pertama di Stadion Demang Lehman, Martapura tanggal 30 April lalu, Persebaya harus takluk dari tuan rumah Martapura FC dengan skor tipis 2-1. Sebuah kekalahan yang cukup menyakitkan karena dua gol balasan Martapura terjadi di menit-menit akhir jelang pertandingan usai. Selain itu, permainan keras menjurus kasar serta faktor non teknis yang mengiringi jalannya pertandingan membuat skuad Bajul Ijo tak bisa melupakan laga away ke Martapura. Akibat kekalahan tersebut, situasi internal dalam tim Persebaya pun sempat memanas. Kini, dengan kondisi tim yang jauh lebih baik serta performa yang tengah menanjak, Persebaya berkesempatan untuk bisa melakukan revans kepada Martapura FC.

Jelang laga panas menghadapi Martapura FC, Persebaya memiliki bekal tren positif berupa enam pertandingan tak terkalahkan. Sejak takluk di Demang Lehman, Green Force belum pernah menderita kekalahan lagi. Rekor Persebaya pasca kalah dari Martapura FC di pekan kedua lalu adalah 4 kemenangan serta 2 hasil imbang. Masuknya Angel Alfredo Vera sebagai juru taktik Persebaya juga semakin meningkatkan kinerja Misbakhus Solikin cs. di atas lapangan. Bersama Alfredo Vera, Persebaya berhasil mendulang 10 poin hasil dari tiga kali menang dan sekali hasil draw dalam empat laga terakhirnya. Tren positif inilah yang menjadi senjata ampuh Bajul Ijo untuk bisa “menenggelamkan” Martapura FC di Stadion Gelora Bung Tomo, malam nanti.

Meski grafiknya tengah menanjak, namun Peresebaya tetap harus waspada pada laga malam nanti. Pasalnya, Bajul Ijo kemungkinan besar masih belum bisa memainkan Rendi Irwan yang mengalami cedera pada pertandingan kontra Persinga Ngawi dua pekan lalu. Kapten utama Persebaya itu divonis harus istirahat selama dua minggu akibat masalah pada lututnya. Selain Rendi, Kurniawan Karman dan Thaufan Hidayat masih belum bisa diturunkan pada laga nanti karena kondisinya belu fit sepenuhnya. Sedangkan Sidik Saimima dinyatakan sudah fit dan ia mengaku siap diturunkan pada laga kontra Martapura FC.

Cederanya beberapa pemain utama memang membuat kekuatan Persebaya sedikit berkurang. Meski begitu, sentuhan magis Alfredo Vera nyatanya tetap bisa membuat Persebaya tampil baik. Tanpa Rendi Irwan, Alfredo masih memiliki Yogi Novrian yang sudah mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya. Yogi pun sudah membuka kran golnya kala ia turut menyumbang satu gol kemenangan atas Madiun Putra, pekan lalu. Selain Yogi, penampilan gemilang juga ditunjukkan oleh Irfan Jaya. Ditangan Alfredo, kini Irfan menjelma menjadi andalan baru Persebaya di sektor sayap kanan. Tak hanya itu saja, Persebaya pun juga mendapat suntikan tenaga baru dalam sosok Fandry Imbiri. Fandry sudah resmi berseragam Bajul Ijo usai didatangkan dari klub Liga 1, Semen Padang pada awal pekan ini. Full back asal Papua berusia 26 tahun itu pun berpeluang untuk melakukan debutnya bersama Persebaya malam nanti. Selain Fandry, darah baru Bajul Ijo lainnya adalah youngster Adam Maulana yang “naik pangkat” dari tim satelit PS Kota Pahlawan. Adam sendiri sudah melakukan debutnya pada pertandingan kontra Madiun Putra pekan lalu.

BACA:  Diwarnai Tiga Kartu Merah, Persebaya Sukses Revans

Sementara itu, sang tamu Martapura FC juga tengah dalam grafik menanjak jelang laga malam nanti. Sebelum menghadapi Persebaya, Martapura berhasil memetik dua kemenangan beruntun. Anak asuh Frans Sinatra Huwae itu secara mengejutkan mampu menang atas tuan rumah Madiun Putra dengan skor cukup telak, 2-4. Kemudian pada pekan k-8 lalu, Martapura FC berhasil menghempaskan perlawanan PSIM Jogja di kandang sendiri dengan skor 3-1. Dua kemenangan dalam dua laga terakhir itupun menjadi modal berharga bagi Martapura FC. Apalagi, Laskar Sultan Adham merupakan tim paling subur di Grup 5 dengan catatan telah mencetak 19 gol.

Duel tim dengan lini serang terbaik menghadapi salah satu tim dengan pertahanan terbaik tentu akan menjadi sebuah laga yang sangat menarik. Ya, bersama Persinga Ngawi yang sama-sama baru kebobolan 8 gol, Persebaya merupakan salah satu tim dengan rapor kebobolan paling sedikit di Grup 5. Dengan performa tim yang sedang menanjak serta motivasi tinggi untuk membalaskan kekalahan pada pertemuan pertama lalu, seluruh punggawa Persebaya dipastikan akan mengeluarkan segenap kemampuan terbaik pada laga ini. Apalagi, Persebaya dipastikan akan mendapatkan dukungan penuh dari puluhan ribu Bonek yang siap memadati Gelora Bung Tomo malam nanti.

Kemenangan memang menjadi harga mutlak bagi Persebaya dalam laga ini. Kemenangan akan membuat Green Force kembali memuncaki klasemen sementara Grup 5 dan semakin memperlebar peluang untuk melaju ke babak 16 Besar. Namun satu hal yang perlu diingat, seluruh punggawa Persebaya harus tetap mewaspadai perlawanan Martapura FC. Konsentrasi tinggi sepanjang 90 menit serta sebisa mungkin meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil akan menjadi faktor penting yang menentukan hasil akhir laga nanti. Pertandingan kontra Madiun Putra pekan lalu sudah membuktikan bagaimana mentalitas dan ketenangan pemain-pemain Persebaya menjadi kunci untuk meraih kemenangan. Jadi, pemain-pemain Persebaya harus tetap bermain tenang dan tak mudah terbawa emosi pada laga malam nanti. Ayo Persebaya! It’s revenge time! (rvn)

Prakiraan Susunan Pemain Persebaya vs Martapura FC

Persebaya (4-3-3): Dimas Galih (PG); Abdul Azis, M. Syaifuddin, Andri Muliadi, Moch. Irvan (B); M. Hidayat, Abu Rizal Maulana, Misbakhus Solikin (C) (T); Irfan Jaya, Rishadi Fauzi, Yogi Novrian (D)
Pelatih: Angel Alfredo Vera (ARG)

Martapura FC (4-4-2): Ali Budi Raharjo (PG); Ady Setiawan, Wirabuana Prayogo, Erwin Gutawa (C), Mohamad Arozi (B); Gideon Marshell Huwae, Rifan Nahumarury, Zulfikar Ohorella, Sandi Pratama (T); M. Aidil Bogel, Qischil Gandrum (D)
Pelatih: Frans Sinatra Huwae (IDN)

Facebook Comments