Persebaya vs PSBI: Amankan Posisi Puncak!

Irfan Jaya. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Usai melewati laga keras menghadapi Martapura FC dengan hasil poin maksimal, Persebaya akan kembali turun gelanggang dalam lanjutan pekan kesepuluh Liga 2 Grup 5. Rabu (2/8) malam nanti, giliran PSBI Blitar yang akan dijamu Bajul Ijo di Stadion Gelora Bung Tomo. Menghadapi PSBI yang saat ini sedang terpuruk di dasar klasemen Grup 5, Persebaya berkesempatan untuk kembali mendulang tiga poin sekaligus mengamankan posisi puncak klasemen.

Jelang laga kontra Laskar Soekarno di GBT malam nanti, skuad Persebaya tengah dalam misi mencetak hattrick tiga kemenangan beruntun. Setelah menghempaskan Madiun Putra dan Martapura FC, PSBI menjadi sasaran target Bajul Ijo selanjutnya. Apalagi kondisi sang tamu sedang dalam tren negatif karena hanya mampu mengemas satu kemenangan dalam lima pertandingan terakhirnya. Dengan kondisi lawan yang tengah dalam tren negatif serta performa Persebaya yang kian menanjak, maka Rendi Irwan cs. berkesempatan mengulangi kemenangan atas PSBI seperti pada pertemuan pertama lalu.

Pada pertemuan pertama yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul (11/7) silam, Persebaya mampu mengalahkan PSBI yang kala itu bertindak sebagai tuan rumah dengan skor tipis 1-2. Misbakhus Solikin menjadi pahlawan kemenangan Bajul Ijo lewat sebuah tendangan bebas cantik di babak kedua, setelah sebelumnya PSBI mampu menyamakan skor bebrapa saat sebelum jeda. Kemenangan tersebut menjadi titik balik menanjaknya performa Green Force bersama Angel Alfredo Vera. Usai mengalahkan PSBI di Bantul, Persebaya tak lagi tersentuh kekalahan pada tiga partandingan berikutnya. Rentetan hasil positif inilah yang ingin dilanjutkan dalam lanjutan Persebaya pada pertandingan pekan kesepuluh malam nanti.

Tiga poin menjadi target wajib bagi Persebaya pada laga ini. Apalagi, Persebaya kini sedang dalam kondisi siap tempur. Sidik Saimima yang absen dalam empat pertandingan terakhir sudah fit dan telah ikut berada di bench pada laga kontra Martapura FC pekan lalu. Pun demikian dengan kapten Rendi Irwan yang sudah terbebas dari cedera lutut. Sementara Rishadi Fauzi yang terkena kartu merah pada pertandingan lawan Martapura FC secara mengejutkan masuk dalam daftar pemain dari match commisioner saat technical meeting laga Persebaya vs PSBI. Artinya Rishadi bisa diturunkan. Namun tim masih akan berkomunikasi dengan PSSI terkait bisa atau tidaknya Rishadi diturunkan pada pertandingan ini. Coach Alfredo sudah menyiapkan skema Persebaya tanpa Rishadi. Yogi Novrian diprediksi akan ditempatkan sebagai penyerang tengah, setelah sebelumnya selalu dipasang sebagai winger kiri. Bersama Irfan Jaya dan Rendi Irwan, Yogi akan menjadi andalan dalam membongkar pertahanan PSBI.

BACA:  Tanpa Penonton, PSBI Tawarkan Tiga Stadion Ini Sebagai Venue

Kekuatan Persebaya jelang laga malam nanti juga kian bertambah seiring kokohnya lini pertahanan setelah kehadiran Fandry Imbiri. Datangnya Imbiri terbukti menambah kekokohan tembok lini belakang Bajul Ijo. Pada partai debutnya pekan lalu, Imbiri yang berduet dengan Andri Muliadi tampil apik dan sukses menjaga gawang Persebaya tetap clean sheet.

Sementara itu, sang tamu PSBI Blitar mengusung misi mencuri poin dalam lawatannya ke kandang Persebaya. PSBI membutuhkan poin untuk bisa beranjak dari dasar klasemen Grup 5. Untuk itu, Laskar Soekarno pun turut serta membawa dua pemain barunya untuk laga malam nanti. Arif Ariyanto dan Ragil Muhammad Badai diikutkan dalam rombongan yang berangkat ke Surabaya. Arif sendiri merupakan mantan pemain Persebaya, sedangkan Ragil pernah mengikuti seleksi Persebaya di masa pra-musim lalu.

Sebagai tuan rumah, Persebaya memang memiliki peluang lebih besar meraih poin maksimal. Bisa dibilang, punggawa-punggawa Green Force saat ini sedang dalam top performance berkat rentetan hasil positif yang mereka raih. Kepiawaian Alfredo Vera bekerja di kursi pelatih Persebaya menjadi salah satu kunci moncernya penampilan Misbakhus Solikin dikk. Kemenangan pada laga malam nanti akan semakin mengukuhkan Persebaya di posisi puncak klasemen sementara Grup 5, dan menjauh dari kejaran Martapura FC serta PSIM Jogja. Meski berpeluang besar meraih poin maksimal, namun Persebaya tetap harus waspada terhadap PSBI. Motivasi PSBI yang ingin lepas dari zona merah bisa saja membuat mereka tampil spartan. Sama seperti pada pertemuan pertama lalu, Persebaya harus mewaspadai bola-bola mati dan permainan keras yang diperagakan PSBI. Bermain sabar dan penguasaan tempo akan menjadi faktor penting bagi Persebaya agar misi meraih tiga poin di kandang kembali bisa terpenuhi. (rvn)

Prakiraan Susunan Pemain Persebaya vs PSBI

Persebaya (4-3-3): Dimas Galih (PG); Abdul Azis, Fandry Imbiri, Andri Muliadi, M. Irvan Febrianto (B); Abu Rizal Maulana, Muhammad Hidayat, Misbakhus Solikin (T); Irfan Jaya, Rendi Irwan (C), Yogi Novrian (T)
Pelatih:  Angel Alfredo Vera (ARG)

PSBI (3-4-3): Fahmi Idris (PG); Dwi Wendy Saputra, Taufik Angga (C), Wahyu Gunawan (B); Ismail Sholeh, M. Asni Fitrian, M. Miftachul Huda, Wawan Triyono (T); Luxy Ariawan, Jaya Teguh Angga, Sugiarto (D)
Pelatih: Ferry Taufik Budiman (IDN)