Alotnya Persebaya Berburu Pemain, Dari Patrich Wanggai Hingga Rangga Muslim

Ricky Kayame, pemain yang berhasil didatangkan Persebaya dari Persipura. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Sebelum bursa transfer kedua dibuka akhir Juli, manajer Persebaya, Chairul Basalamah, mengatakan jika timnya akan mendatangkan 4-5 pemain baru. Namun hingga bursa transfer ditutup pada 5 Agustus, Persebaya hanya mampu mendatangkan dua pemain. Mereka adalah Fandry Imbiri (Semen Padang) dan Ricky Kayame (Persipura). Apa yang menyebabkan Persebaya kesulitan mendatangkan pemain baru?

***

Chairul mengaku heran kepada klub-klub sepak bola di tanah air. Penyebabnya, banyak yang mengiyakan permintaan Persebaya untuk melepas pemainnya. Namun di detik-detik terakhir, manajer atau pemilik klub tiba-tiba membatalkannya. Padahal pemain yang diincar sudah mau pindah ke Persebaya.

Patrich Wanggai adalah salah satu pemain yang batal pindah ke Persebaya. Padahal sudah ada komunikasi antara Persebaya dan Patrich melalui Chairul dengan sepengetahuan klubnya, Borneo FC.

“Patrich sudah mengiyakan permintaan Persebaya. Kami berencana bertemu saat Patrick membela Borneo FC melawan tuan rumah Arema FC di Malang,” ujar Chairul kepada EJ.

Namun jelang pertandingan, Borneo FC menolak permintaan Persebaya. “Akhirnya pertemuan di Malang pun dibatalkan,” tambah pria yang akrab dipanggil Abud ini.

Hal-hal seperti ini sering dijumpai Chairul di bursa transfer kedua. Persebaya sudah mengajukan penawaran ke klub dan terjadi komunikasi dengan pemain. Si pemain juga sudah bersedia untuk pindah ke Persebaya karena merasa menit bermain diklubnya rendah. Namun, manajer mengatakan kepada pemain jika nantinya akan diberi jam terbang lebih banyak. Akhirnya, pemain tersebut tidak jadi pindah.

“Padahal bursa transfer akan segera berakhir. Karena itu, kami memberi deadline kepada klub. Jika tidak bisa memenuhi deadline, terpaksa kami mengalihkan perburuan kepada pemain lain,” ujar Chairul.

BACA:  Kembali Rekrut Pemain Papua, Persebaya Datangkan Nerius Alom

Persebaya juga mengalami alotnya perburuan saat ingin mendatangkan Rangga Muslim. Chairul sudah mengajukan penawaran kepada klubnya, PSIM Yogyakarta. Manajer PSIM, Agung Damar Kusumandaru, mengatakan bahwa penawaran Persebaya akan dirapatkan terlebih dulu di internal tim. Namun kabar tentang jadi atau tidaknya Rangga dilepas tidak kunjung ada.

Meski Rangga tidak jadi pindah, Chairul mengaku jika ia akan kembali mengajukan penawaran jika Persebaya lolos ke babak 16 besar. “Bursa transfer memang ditutup tanggal 5 besok. Namun bursa dibuka lagi saat babak 16 besar,” ujar pria yang tinggal di Sidoarjo ini.

Persebaya sempat meminati tiga pemain timnas. Mereka adalah Evan Dimas, Hansamu Yama, dan Ezra Walian. Apalagi Evan dan Hansamu mengungkapkan ketertarikan membela Persebaya dengan memposting kerinduan mereka untuk mbonek di akun instagram. Namun Persebaya membatalkan keinginan itu dengan pertimbangan tenaga mereka akan sering dipakai timnas dibanding Persebaya.

Di skuad Persebaya saat ini, ada 23 pemain dari yang sebelumnya 24 pemain. Persebaya memang berhasil mendatangkan dua pemain, namun mereka melepas empat pemainnya yakni Rachmat Latief, Mardiono, Ridwan Awaludin, dan Siswanto. Sementara yang masuk adalah Adam Maulana, Fandry Imbiri, dan Ricky Kayame.

Persebaya akan kembali berburu pemain baru saat bursa transfer dibuka kembali di babak 16 besar Liga 2. Jika lolos, Chairul akan kembali sibuk mencari pemain baru. (iwe)