Persembahkan Persebaya ke Seluruh Mata Dunia

Pemain-pemain Persebaya merayakan gol pembuka yang dicetak oleh Abu Rizal Maulana. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

Mungkin judul di atas hiperbola, terlalu berekspektasi, atau bisa dianggap khayalan tingkat tinggi. Tapi bolehlah, mengawali. Mengawali di saat yang lain masih sibuk berkutat di dalam lingkarannya.

Bagaimana bisa maju dan bersaing dengan yang jauh lebih kompetitif di arena laga yang lebih keras jika terlalu mau untuk dilenakan dengan kesibukan klasik yang tak ada ujungnya? Persebaya tim sarat sejarah dengan segudang prestasi, menjadi embrio penyumbang terbesar para talenta yang nantinya berlaga dengan garuda di dada.

Meski di awal kebangkitan dari tidur panjang hanya berlaga di Liga 2, seluruh elemen di luar dalam Persebaya harus mulai menata diri untuk jangka ke depannya. Persebaya rasanya harus mengajak seluruh elemennya untuk sedikit merubah rangkaian pandangnya. Persebaya tidak hanya berfikir Persebaya, Persebaya harus mulai berfikir dunia, minimal Asia Tenggara.

Persebaya jangan sampai menjadi bagian dari pesimistis sepak bola nasional yang carut marut kemarau prestasi. Jika memang toh sudah jadi rahasia umum kalau PSSI itu gak tayoh, minimal jangan pesimis, apalagi ikut-ikutan gak tayoh. Persebaya haruslah, melakukan, mengawali, menjalani, dan menjadi candradimuka bagi yang lain tentang esensi kebanggaan dari sebuah klub sepakbola yang membawa nama daerahnya.

Lihat bagaimana Manchester United yang membawa nama Inggris Raya ke seluruh mata dunia, Real Madrid yang membawa nama Spanyol ke seluruh mata dunia, Milan yang membawa Italia ke seluruh mata dunia, Paris Saint Germain yang membawa Perancis ke seluruh mata dunia, juga tim-tim Macan Asia yang bangkit menunjukkan tajinya ke seluruh mata dunia. Tidakkah di hati kita yang paling sunyi juga menginginkan seperti itu, Persebaya?

BACA:  Persatu vs Persebaya, Yang Menang Bonek

Jika memang tidak bisa berharap besar kepada PSSI yang begitu-begitu saja, tidak ingin Indonesia diremehkan dipandang sebelah mata di-senyum kecut-i oleh mereka yang jauh berlari meninggalkan kita, sah-sah saja dong kalau kita yang memulainya?

Saya pribadi yakin kok, jika seluruh elemen memiliki pandangan seperti itu, bukan hal yang mustahil Persebaya mampu membawa wajah Surabaya ke seluruh Jawa Timur, membawa kebanggaan Jawa Timur ke seluruh Indonesia, dan mampu membawa harga diri Bangsa Indonesia ke seluruh mata dunia.

Hingga dalam beberapa tahun kedepan, akan berdengung secara lantang: Indonesia pun juga… punya kebanggaan… Green Force Persebaya… Emosi Jiwaku!