Ricky Kayame Datang, Lini Serang Persebaya Kian Variatif

EJ – Persebaya dipastikan mendapat suntikan tenaga baru di lini depan setelah manajemen Bajul Ijo berhasil mendaratkan Ricky Kayame dari Persipura Jayapura. Kehadiran Kayame membuat Persebaya kini memiliki empat pemain yang terdaftar sebagai penyerang. Penyerang kelahiran 21 September 1993 itu melengkapi amunisi lini depan Green Force setelah sebelumnya sudah ada Rishadi Fauzi, Yogi Novrian, Rendi Irwan dan Irfan Jaya.

Kayame, penyerang berumur 23 tahun, merupakan pemain depan yang multifungsi. Ia bisa ditempatkan sebagai penyerang tengah, winger maupun penyerang bayangan. Meski postur tubuhnya tidak tinggi besar, hanya 165 cm, namun Kayame memiliki kelebihan dalam hal akselerasi dan kecepatan.

Sama seperti pemain asal Papua lainnya, Kayame yang masuk ke tim senior Mutiara Hitam pada tahun 2012 lalu diberkati bakat alam khas pemain Bumi Cendrawasih. Pemain yang tahun lalu nyaris bergabung ke Persib Bandung itu merupakan tipe penyerang yang tricky dan memiliki kemampuan olah bola cukup bagus. Hal itu masih didukung oleh kecepatan yang ia miliki. Tak heran jika Jacksen Tiago, pelatih yang mengangkatnya ke tim senior Persipura, menyebut Kayame adalah penerus Boaz Solossa.

Penuhnya slot lini depan Persipura serta minimnya menit bermain membuat Kayame menerima pinangan Persebaya di bursa transfer tengah musim Liga 2. Apalagi, di Persebaya kini bercokol sosok Angel Alfredo Vera, pelatih yang sudah mengenal kemampuan Kayame.

Kehadiran pemain yang akan mengenakan nomor 18 di Persebaya itu akan menambah daya gedor Green Force. Apalagi, Kayame memiliki karakter yang berbeda dari dua penyerang Persebaya lainnya.

Jika menginginkan serangan yang lebih menyengat dan cepat, Alfredo bisa memainkan Kayame sebagai penyerang tengah dengan dukungan Rendi Irwan dan Irfan Jaya, serta Oktafianus Fernando dalam formasi 4-2-3-1. Atau, Alfredo juga bisa menempatkan Kayame bersama Irfan Jaya sebagai winger pendukung Rishadi Fauzi dalam skema 4-3-3. Bisa juga Kayame disimpan sebagai supersub dan memainkannya ketika bek-bek lawan mulai kelelahan. Dengan banyaknya variasi lini depan pasca datangnya Ricky Kayame, Alfredo Vera pun kini memiliki keleluasaan meracik komposisi lini serang Persebaya sesuai seleranya. (rvn)

BACA:  Persebaya Akan Gelar Pertandingan Saat Launching Tim