Lebih Dekat dengan Nerius Alom, Gelandang Anyar Persebaya

Nerius Alom saat mengikuti seleksi Bali United. Foto: Bali United.

EJ – Persebaya kembali menambah pemain pada detik-detik akhir penutupan bursa transfer tengah musim Liga 2. Senin (7/8) siang ini, Nerius Alom resmi didatangkan Persebaya dari Persipura Jayapura.

Jika mendengar nama Alom, mungkin yang akan muncul di benak pembaca adalah Nelson Alom, pemain Persipura yang lebih punya nama. Ya, Nerius adalah anggota keluarga Alom. Ia adalah adik dari Nelson Alom.

Sama seperti putra Papua lainnya, Nerius memulai karier juniornya dari klub lokal Bumi Cendrawasih. Namun bukan Persipura yang menjadi batu pijakan pertama Nerius. Adalah klub Persidafon Dafonsoro yang menjadi tempat Nerius menimba ilmu sepakbola. Pemain kelahiran 29 November 1994 itu mengawali debut sepakbolanya sewaktu mengikuti Piala Soeratin U-18 tahun 2012 bersama tim Persidafon U-18. Bakat Nerius sebagai gelandang potensial membuatnya mampu menembus skuad Persidafon U-21.

Pada usia yang masih sangat belia, Nerius yang merupakan anak kedua dari lima bersaudara, memberanikan diri untuk merantau. Ia menerima tawaran dari Semen Padang FC U-21. Ia pun bergabung dengan tim Kabau Sirah pada tahun 2014. Setahun berikutnya, Nerius mampu menembus tim senior Semen Padang FC. Nerius pun menjadi bagian dari Semen Padang FC pada gelaran Indonesia Super League musim 2015.

Potensi Nerius Alom di Semen Padang membuat Persipura berhasrat memulangkannya ke tanah Papua. Sempat mengikuti trial di Bali United, Nerius memilih kembali ke Papua pada tahun 2016 dengan bergabung bersama Persipura. Ia merupakan anggota Mutiara Hitam pada gelaran ISC A tahun lalu.

Sama seperti kakaknya, Nerius yang pernah menyabet gelar Pemain Terbaik ISL U-21 2014 itu menempati posisi sebagai gelandang. Keberadaan Angel Alfredo Vera di Persebaya serta kesempatan main yang lebih besar membuat Nerius menerima tawaran manajemen Green Force pada bursa transfer tengah musim Liga 2Di Persebaya, Nerius akan bahu-membahu dengan Misbakhus Solikin, Muhammad Hidayat, serta Abu Rizal Maulana di sektor tengah Bajul Ijo. Kedatangan Nerius juga membuat Persebaya kini memiliki nuansa Papua yang cukup kental. Bersama Samuel Reimas, Fandry Imbiri, dan Riky Kayame, Nerius Alom melengkapi kontingen putra Papua yang berseragam Bajul Ijo pada musim ini. (rvn)

BACA:  Persebaya Tolak Tawaran Bhayangkara SU untuk Merger