Tertahan di Pamekasan, Asa Persebaya ke Babak 16 Besar Masih Tertunda

Irfan Jaya mencoba merebut bola dari pemain Persepam MU. Foto: Ninda Sahriyani/EJ

EJ – Persebaya gagal memanfaatkan keunggulan saat berhadapan dengan tuan rumah Persepam MU di Stadion Gelora Pamelingan, Pamekasan, Kamis (10/8). Dua kali unggul, Persepam selalu bisa menyamakan kedudukan. Hasil 2-1 di babak pertama gagal dipertahankan karena Persepam mampu mencuri satu gol di babak kedua.

Anthem Song of Pride dari Bonek yang memadati lebih dari separuh kapasitas bergemuruh menjelang kick off babak pertama antara Persepam MU vs Persebaya. Asa menang di laga tandang patut dikejar oleh Persebaya, mengingat track record 5 laga tanpa kekalahan dan tercatat cleansheet pada 2 laga terakhir ketika melawan Martapura dan PSBI Blitar.

Persebaya yang dikapteni Misbakhus Solikin tampil menyerang semenjak peluit kick off berbunyi. Skema apik yang diracik coach Vera langsung menggetarkan jala di gawang Persepam MU akibat sundulan Yogi Novrian pada menit ke-5 buah dari bola umpan dari Irfan Jaya dari sisi kanan lapangan.

Keunggulan Persebaya tidak bertahan lama, ketika Dimas Galih melanggar Faris Aditama di kotak terlarang. Eksekusi pinalti oleh Fajar Legian membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-13.

Persepam MU hampir menambah keunggulan, ketika gol pemain Persepam dianulir wasit karena terjebak offside. Tensi pertandingan cenderung datar antar kedua tim. Memasuki menit ke-30 tendangan Oktafianus “Ofan” membentur mistar gawang, namun samberan Irfan Jaya membuat kiper Persepam, Ananda Bachtiar kembali memungut bola kedua kali di gawangnya. Kedudukan tetap bertahan 1-2 hingga peluit babak pertama selesai.

Pada babak kedua ada sedikit perubahan strategi yang diterapkan pelatih 44 tahun dari Persebaya. Yogi Novrian digantikan debutan Ricky Kayame pada menit ke-59, disusul dengan pergantian pemain Abdul Azis yang ditarik keluar dan digantikan M.Sidik Saimima di menit ke-61.

BACA:  Waktu Kick Off Tunggu MCM, Laga Persepam vs Persebaya Tidak Disiarkan Langsung

Permainan Persebaya terlihat belum berkembang, sehingga ada pergantian pemain kembali. Irfan Jaya keluar, digantikan oleh Rishadi Fauzi pada menit 75.

Persepam kembali menambah pundi golnya lewat Faris Aditama pada menit ke-76, kedudukan berubah menjadi 2-2. Beberapa peluang emas sempat diciptakan oleh tim Bajol Ijo lewat tendangan bertubi-tubi Rishadi dan Ricky Kayame namun tidak membuahkan gol. Dua menit tambahan untuk babak kedua menjadi momen meningkatnya tensi pertandingan.

Di penghujung babak kedua, pertandingan sempat terhenti akibat protes keras pemain Persepam karena posisi bola yang menjadi perdebatan. Sampai peluit panjang berbunyi kedudukan tetap imbang 2-2. Hingga pekan ke-11, Persebaya belum memastikan masuk babak 16 Besar. Dengan tambahan 1 poin hasil imbang dengan Persepam MU, Persebaya untuk sementara masih memuncaki klasemen sementara Grup 5. (abi)