Jadi Kapten, Rian Bawa Timnas U19 Imbangi PSS Sleman

Rachmat Irianto (13) menjadi kapten timnas Indonesia U19 dalam laga uji coba menghadapi PSS Sleman. (Foto: Ervan Tria/EJ)

EJ – Bek muda Persebaya, Rachmat Irianto memimpin skuad tim nasional Indonesia U19 dalam pertandingan uji coba menghadapi PSS Sleman yang digelar pada Sabtu (12/8) malam kemarin. Turun sejak menit pertama, Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto, yang juga menjabat sebagai kapten timnas U19 tampil solid di lini pertahanan tim asuhan Indra Sjafri tersebut.

Pada pertandingan yang berakhir dengan skor sama kuat 2-2 tersebut, Rian tampil selama 76 menit sebelum ditarik keluar oleh coach Indra Sjafri. Sebelum Rian ditarik keluar, Indonesia U19 sempat unggul 2-1 atas PSS Sleman.

Usai laga, Rian menyatakan bahwa timnas malam itu tampil cukup baik karena mampu mengimbangi PSS Sleman yang menurunkan tim utamanya.

“Pertandingan hari ini memang menjadi ujian yang bagus buat timnas. Kami hanya sebisa mungkin untuk tampil baik. Mental kami diuji. Menghadapi pemain-pemain yang lebih senior dan lebih matang dan juga dengan kehadiran suporter yang sangat banyak. Jadi kami punya motivasi untuk tampil baik,” ujar Rian kepada EJ usai laga.

Sebagai informasi, saat ini Rian memang tengah mengikuti pelatnas timnas Indonesia U19 dalam rangka persiapan jelang gelaran Piala AFF U19 September mendatang.

Bersama Persebaya, Rian baru sekali diturunkan dalam pertandingan resmi Liga 2 musim 2017, tepatnya pada laga kontra Persatu Tuban, Mei lalu. Setelah itu, Rian harus kembali mengikuti rangkaian pelatnas tim Garuda Jaya.

Ketika ditanya apakah Rian bisa kembali memperkuat Persebaya di sisa pertandingan fase grup, putra legenda hidup Persebaya Bejo Sugiantoro itu belum bisa memastikan.

“Soal itu (kembali memperkuat Persebaya) saya belum tahu. Karena saat ini lagi fokus untuk Piala AFF yang sudah di depan mata,” pungkas Rian. (rvn)

BACA:  Rachmat Irianto Jadi Kapten, Timnas U-19 Menang Lawan Perseden