Jaga Rekor Apik Persebaya di Kandang

Grafis: Faridzar Brilian/EJ, Foto: Joko Kristiono/EJ.

EJ – Laga klasik. Ini kata yang pantas menggambarkan pertemuan antara kedua tim pendiri PSSI yaitu Persebaya dan PSIM Yogyakarta Rabu (16/8) petang nanti. Pada pertemuan pertama lalu di Stadion Sultan Agung, Bantul yang diwarnai penolakan warga sekitar terhadap Bonek, Bajol Ijo berhasil menahan imbang PSIM dengan skor 1-1, Persebaya unggul terlebih dahulu pada menit 26 melalui sontekan manis Rishadi Fauzi namun dibalas oleh Engkus Kuswaha pada menit ke 53 setelah menerima assist umpan silang dari Rangga Muslim Perkasa.

Dalam lima laga terakhir, Persebaya menunjukkan tren positif dengan meraih tiga kemenangan dan dua hasil seri. Persebaya memasukkan 11 gol dan kemasukan 4 gol. PSIM dalam 5 laga terakhirnya hanya mampu meraih 3 kemenangan dan menelan 2 kekalahan, memasukkan 7 gol dan kemasukkan 7 gol.

Persebaya sangat superior ketika bermain di kandang. Dari lima laga kandang, Green Force berhasil menyapu 4 kemenangan dan mencatatkan sekali hasil seri pada partai pembuka melawan Madiun Putra. Sedangkan PSIM memiliki rekor tandang yang sangat buruk, 5 kali melakoni laga tandang, PSIM telah menelan empat kekalahan dan sekali hasil seri.

Peluang Persebaya untuk meraup poin sempurna pada pertandingan nanti akan semakin besar karena mulai fitnya beberapa pemain yang mengalami cedera seperti Fandry Imbiri dan Rendy Irwan. Laga nanti mungkin menjadi debut Nerius Alom. Pada pertandingan melawan Persepam, ia tidak dibawa karena masih adaptasi terhadap situasi tim.

Namun Persebaya dihadapkan dengan mandulnya Rishadi Fauzi yang tidak mencetak gol pada 6 pertandingan terakhir. Rishadi terakhir kali mencetak gol pada laga melawan Persatu yang berkesudahan dengan skor 2-0. Sebaliknya, PSIM dihadapkan pada kondisi yang kurang menguntungkan, setelah dipastikan tidak didampingi oleh pelatih kepala mereka, Erwan Hendarwanto yang mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC. PSIM juga kehilangan gelandang enerjik mereka, Raymond Tauntu, yang pada laga melawan Madiun Putra mendapatkan kartu merah.

BACA:  Sempat Unggul, Persebaya Bawa Pulang Satu Poin

Kemenangan akan semakin mendekatkan langkah Persebaya ke babak 16 besar sekaligus membuat langkah PSIM melaju ke 16 besar semakin berat. (eka)

Head to Head:

PSIM vs Persebaya 1-1 (18/5/2017)
Persebaya vs PSIM 1-2 (28/6/2012)
Persebaya vs PSIM 2-2 (18/5/2012)
PSIM vs Persebaya 1-1 (30/1/2012)
Persebaya vs PSIM 1-0 (16/2/2009)
PSIM vs Persebaya 0-1 (12/11/2008)
PSIM vs Persebaya 1-1 (13/12/2007)
Persebaya vs PSIM 3-1 (18/2/2007)

  • Ari Mas

    Rishadi Fauzi masih kurang tenang dalam setiap eksekusi peluang .. terlampau terburu buru..! Full back masih buruk…!